Selasa, 09 Desember 2008

17-23 Nov 1945

Laporan Reportase Media
17- 24 November 2008
Mahaly non Fkip
1. Politik dan hukum
Senin, 17 November
Kompas:
• Mantan bupati Aceh Tenggara (Armen Desky) jadi tersangka korupsi APBD
• Daya beli buruh kelapa sawit mulai turun.
• Sector industry gagal dorong pertumbuhan
Pasca krisis 1997-1998 pertumbuhan industry tidak pernah mencapai 7% bahkan melambat dengan pertumbuhan kurang dari 5% berturut turut selama tiga tahun terakhir. Sejak 1989 industri menjadi penyumbang PDB terbesar. Namun, tiga tahunterakhir proporsi persentasenya terus menurun dari 28,08% menjadi 27,4% bersamaan dengan penurunan sector pertanian.
• PT Sinar Mas Multiartha Tbk anak usaha sinar mas group yang dimiliki keluarga Eka Tjipta Widjaja siap mengakuisisi 70% saham milik PT Bank Century Tbk. Dengan akuisisi ini kondisi keuangan Bank Century diharapkan membaik setelah sebelumnya sempat diterpa musibah.
• Laba merosot, perusahaan efek tetap kuat karena ditopang modal yang kuat. (Direktur BEI, Guntur Pasaribu)
Berdasarkan data BEI laba usaha 120 perusahaan sekuritas Indonesia baik local maupun asing sepanjang Januari-September 2008 tercatat hanya Rp.864 M. jumlah ini merosot 70,2 % disbanding laba usaha periode yang sama tahun lalu sebesar Rp. 2,9 T. penurunan laba usaha yang cukup besar ini disebabkan oleh merosotnya nilai portofolio saham perusahaan sekuritas menyusul jatuhnya IHSG hamper 50% sepanjang Januari-September 2008.
• Perum bulog akan merubah system pengelolaan dan penyimpanan stok gabah dan beras. Mulai 1 januari 2008 gabah dan beras akan disimppan di gudang milik Swasta atau pengusaha penggilingan padi mitra bulog.
• Saat ini dana sebesar Rp.600 T atau 39% dari total dana pihak ketiga yang disimpan perbankan nasional tidak masuk dalam program penjaminan pemerintah karena dananya diatas Rp. 2 M per nasabah. Total Dana Pihak Ketiga (DPK) hingga akhir minggu kedua Oktober 2008 mencapai 1.605,3 T. jumlah ini menunjukkan penambahan nilai DPK sekitar Rp. 73,3 T dibandingkan prosisi beberapa hari sebelumnya yakni Rp. 1532 T atau pada saat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menaikkan nilai penjaminan dari Rp. 100 juta menjadi Rp. 2 M per nasabah.

• Pengirim e-mail tak paham hukum
Pemasar dari PT Bahana Securities berinisial EJA, tersangka pengirim e-mail kepada kliennya soal lima bank yang dilanda kesulitan likuiditas diduga tidak menyadari perbuatannya bisa dijerat pidana. Kini sudah ada UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
Dari Januari-Oktober 2008, Dinas Penataan dan Pengawasann Bangunan DKI Jakarta mengeluarka surat perintah penghentian pekerjaan pembangunan atau SP4 bagi 3.410 bangunan karena pelanggaran tersebut. Pelanggaran IMB atau peruntukan lahan paling banyak terjadi di Jakarta Selatan yakni 924 bangunan disusul JakTim (819), JakBar (775), JakUt (573) dan JakPus (319). Sepanjang tahun 2008 para petugas Dinas P2B sudah membongkar paksa 371 bangunan dai 3.410 bangunan yang mendapat SP4Rantau prapat, perekonomian warga kabupaten Labuhan batu, SumUt mulai terguncang dengan turunnya daya beli dan kondisi ribuan buruh harian lepas yang belum bisa dikerjakan kembali. Dua bulan pasca-anjloknya harga sawit ke titik terndah sekitar Rp. 500/kg

Bpost:
Selasa, 18 Nov 08
Kompas:
• MK diminta lebih progresif.
Permintaan tersebut dikemukakan anggota komisi III anggota DPR, Benny K Harman saat berbicara dalam peluncuran buku Hukum KOnstitusi Jerman, Beberapa kasus Terpilih di gedung MK, Jakarta senin 17/11. Hadir sebagai pembicara hakim MK jerman Siegfried Bross, ketua MK Indonesia Mahfud MD, guru besar FH UI satya Arinanto dan ketua YLBHI Patra Zen.
• Presiden bentuk gugus tugas
Washington, dalam G-20 presiden SBY mengusulkan sejumlah program aksi jangka pendek, termasuk mengembalikan kepercayaan dunia keuangan dalam menjamin tersedianya likuiditas, menjaga kepercayaan perbankan, mencegah terhentinya aliran kredit serta harus diatasinya persoalan pembiayaan perdagangan. Dalam jangka menengah kepala Negara menilai perlu dilakukan langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Langkah ini meliputi upaya kebijkaan fiscal dan moneter yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Sementara dalam jangka panjang perlu dilakukan reformasi system arsitektur keuangan gunakan.
• PT Bahana Securities menskors pegawainya, Erick Adriansjah (38) yang menjadi tersangka penyebar rumor kesulitan likuiditas sejumlah bank.
• PPP dan Partai Demokrat tolak renovasi ruang DPR yang menghabiskan anggaran Rp. 32,5 M
• Kepala badan meteorologi, klimatologi dan geofisika Sri woro Budiarti Harijono membantah tudingan Prof. Dr. Mezak A. ratag atas tindakan plgiat karya ilmiah dan pemalsuan tanda tangannya. Hal itu terkait usulan tambahan angka kredit jabatan peneliti Sri Woro pada Mei 2007.
• Mendagri Mardiyanto mempersilahkan munculnya permintaan alokasi anggaran untuk desa sebesar 10% dari APBN. Namun, ia mengingatkan agar peraturan yang ada dipelajari lebih dahulu.
• Mantan Menkeh dan HAM, Yusril Ihza Mahendra, selasa (18/11), diperiksa di Kejagung.
Ia datang sendiri untuk diperiksa sebagai saksi perkara dugaan korupsi system administrasi badan hokum atau sisminbakum. Dengan tersangka mantan dirjen Administrasi Hukum Umum atau AHU Romli Atmasasmita.
• FBI janjikan bantuan
Biro investigasi federal AS (FBI) menjanjikan bantuan kerjasama pada KPK dalam hal pengusutan hingga pengembalian asset hasil korupsi atau koruptor dari Indonesia ke AS.

Bpost:
• Kalla dukung Laporan Ical Ke Polisi
Wakil Presiden Jusuf Kalla menyambut positif langkah somasi Menko Kesra Aburizal Bakrie ke pihak kepolisian terkait pemberitaan majalah Tempo edisi 17-23 November 2008 bertajuk Siapa Peduli Bakrie. Apalagi langkah itu diperbolehkan ketentuan hukum.
Menyangkut perlindungan terhadap pengusaha nasional terkait dampak krisis keuangan AS, lebih lanjut mantan Menko Kesra itu menegaskan, pemerintah akan tetap memberi perlindungan.
Rabu, 19 Nov 08
Kompas:
• Dugaan plagiat, dilaporkan ke polisi.
• Mantan kepala pusat penelitian dan badan meteorology, klimatologi, dan geofisika. Prof.Dr mezak Arnold ratag melaporkan dugaan plagiat atas karya ilmiah dan pemalsuan tandatangannya kepada kepolisisan metro jaya, selasa (18/11). Kepala BMKG Sri woro B harijono menjadi pihak terlapor.

Bpost:
• Secara De Facto Paramasan milik Banjar
Penolakan Mahkamah Konstitusi (MH) atas gugatan Pemkab Banjar, bagi tak mengubah keadaaan. Artinya secara de facto, Paramasan dan Sungai Pinang yang disengketakan tetap milik Pemkab Banjar.
Jika alasan MK menolak gugatan karena lemahnya legalitas hukum (kekuatan hukum) pemohon dengan tegas melakukan gugatan serupa, yakni uji material atas (judicial review) atas UU Nomor 2 tahun 2003 tentang pembentukan kabupaten Tanah Bumbu.
Sekarang tergantung Mendagri apa bisa berlaku adil terhadap kami karena lebih 50 tahun pelayanan publik dan pemerintah di Paramasan dilakukan Pemkab Banjar.
Termasuk jika seandainya kedua wilayah tersebut lepas dari Kabupaten Banjar, gugatan bisa dilanjutkan. Bahkan ia menyontohkan sengketa antara Indonesia dengan pemerintah Malasyia soal Pulau Sempadan dan Ligitan yang akhirnya dimenangkan Malaysia.
Dengan luas wilayah mencapai 589,5 kilometer persegi, Kecamatan Paramasan memang cukup kaya akan sumber daya alam (SDA). Bahkan sejak Pemilu 1971 Paramasan sudah masuk wilayah Kabupaten Banjar.
Menurut Kadistamben Banjar, Drs Sufian AH kedua wilayah tersebut memang kaya hasil tambang seperti batu bara, mangan dan bijih besi. Namun Sufian mengaku tidak tahu persis berapa deposit atau kandungan bijih besi yang ada di Kecamatan Paramasan. Ia sendiri keberatan jika sengketa tata batas semata-mata karena kedua kecamatan itu kaya hasil tambang. "Bukan karena kedua kecamatan itu kaya hasil tambang tapi lebih disebabkan nilai historisnya. Lebih 50 tahun berada di bawah Pemkab Banjar baik untuk urusan pelayanan publik maupun pemerintah
Sementara itu data Dinas Pertambangan dan Energi Kalsel, kandungan bijih besi di Dusun Dadap Kecamatan Sungai Pinang ada sekitar 300 juta ton bijih besi terhipotetik (perkiraan umum). Jumlah ini masuk dalam perkiraan total cadangan biji besi sebanyak 30.001.400 ton di Kalsel.
Khusus di Dusun Dadap bijih besinya justru sudah pernah dieksplorasi pada 2005 silam. Terbukti dengan munculnya izin Kuasa Pertambangan (KP) eksplorasi dari Pemkab Banjar untuk PT Wesi Arthalokatama.

• Dukung 10 Persen APBN Untuk Desa
DPD mendukung adanya alokasi dana 10% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk peningkatan fasilitas bagi perangkat desa. Karena dengan dana itu kinerja perangkat desa sebagai ujung tombak pemerintahan bisa meningkat.
Sebagai ujung tombak perangkat desa sangat memengaruhi perputaran uang di desa masing-masing, jika terjadi perputaran uang maka angka urbanisasi dapat ditekan sehingga kota juga akan terbantu.
Apabila desa menjadi pusat aktivitas ekonomi akan banyak yang tinggal di desa sehingga tidak ada lagi TKW yang berangkat keluar negeri.
Alokasi Dana Desa (ADD) akan diperjuangkan menjadi 10% dari APBN. Dan akan kita perhatikan mulai dari penyusunan APBN 2009. Saat ini, ADD hanya sekitar 1,3%, sedangkan penduduk kita 60% berada di desa. Ini kan tidak proporsional.

Langkah DPD tersebut akan mengusulkan perubahan UU No 32 tahun 2004 tentang otonomi daerah. UU tersebut akan dipecah menjadi tiga UU, diantaranya, UU tentang pemerintah daerah, Pemilihan Kepala Daerah dan Pemerintahan Desa.

Sedangkan adanya tuntutan agar memperpanjang masa jabatan Kades menjadi sepuluh tahun dinilai logis oleh Laode. Karena, jika cuma lima tahun belum cukup untuk meredam konflik di pemilihan kades. "Sehingga waktu tersebut hanya untuk konsolidasi belum sempat membangun sudah diganti lagi," tegasnya.
• FBI Bantu Lacak Koruptor
Seiring dengan kemajuan teknologi berbagai modus operandi kejahatan khususnya korupsi juga meningkat. Para koruptor kakap cukup lihai berkelit mulai dari melakukan pencucian uang, membuat rekening di uar negeri hingga memilih buron dan menetap di luar negeri.
Menyikapi masalah ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng Federal Amerika Serikat (FBI). Kerja sama antara lain dapar berupa tukar menukar informasi , trik pejabat melakukan pencucian uang, melakukan pertukaran atau pelatihan petugas.

Kamis, 20 Nov 08
Kompas:
• Hamka Yandhu, terdakwa kasus aliran dana BI dan yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia menyatakan ia memberikan uang Rp. 3,15 M kepada Dudi makmun untuk diteruskan kepada anggota fraksi pPDIP DPR periode 1999-2004. Uang tersebut diserahkan hamka secara bertahap. Namun Dudi membantah hal tersebut.

Bpost:
• Andi Minta Staf Dephumkam Blak-blakan
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalatta meminta staf Depkumham berbicara apa adanya memberikan keterangan tentang kasus Sistem Adminsistrasi Badan Hukum yang kini dalam proses pemeriksaan

• KPK Dalami BLBI Ke Bank Swasta
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan adanya aliran Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) sebesar Rp456 triliun yang dialirkan kepada bank-bank swasta.
Perhatian publik selama ini tertuju pada aliran kepada sejumlah bank pemerintah yang diperkirakan mencapai Rp144,5 triliun dan ditangani oleh aparat penegak hukum. Terkait dugaa aliran dana BLBI ke sejumlah bank pemerintah, Ketua KPK Antasari Azhar telah meminta BI untuk menyerahkan obligasi rekap. Antasari berharap, BI bisa melakukan hal itu dalam waktu satu minggu.

Antasari mengatakan, KPK bersama pihak terkait akan melakukan percepatan pembahasan BLBI sebelum menyepakati suatu rekomendasi tentang penyelesaian masalah BLBI. KPK kembali mengadakan gelar perkara BLBI bersama Kejaksaan Agung dan beberapa institusi lain.
Gelar perkara itu juga dihadiri oleh mantan pejabat Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), yaitu mantan Kepala BPPN Syafruddin Tumenggung dan I Putu Gde Ary Suta. Selain itu KPK juga mengundang pejabat Departemen Keuangan.

• Perusda Ambil Alih Dinas Pasar
Untuk lebih meningkatkan pengelolaan pasar sebagai sarana bertransaksi antara penjual dan pembeli, Dinas Pasar akan diambil alih perusahaan daerah (Perusda). Dengan nama Perusda Pasar Bauntung diyakini bisa bekerja lebih profesional. Pemkab Banjar bahkan menargetkan Januari mendatang Perusda Pasar Bauntung sudah mulai terbentuk termasuk pengisian personilnya.
• Warga Perbatasan Diminta Waspada
Pasca penolakan Mahkamah Konstitusi (MK) atas permohonan uji material UU nomor 2 tahun 2003, Bupati Banjar rupanya tetap serius untuk memperjuangkan dua kecamatan 'binaannya', Paramasan dan Sungai Pinang.
Ia pun memutuskan ambil jalur hukum untuk menindaklanjuti putusan MK yang menolak gugatan Pemkab Banjar. Termasuk membuat laporan tertulis kepada Mahkamah Konstitusi (MK) dan Kapolri atas tindakan Pemkab Tanah Bumbu yang dinilainya memutarbalikkan amar putusan MK Nomor 26/PPU-VI/2008 serta tindakan provokatif yang bisa menimbulkan keresahan warga.
Dalam sebuah iklan di media cetak Pemkab Banjar menyebutkan kalau putusan MK Nomor 26/PPU-VI/2008 memberikan kepastian yuridis terhadap sengketa batas daerah antara Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu sehingga wilayah yang disengketakan menjadi bagian integral Tanah Bumbu.
Padahal tidak ada sedikit pun dalam amar putusan MK memutuskan secara yuridis masalah perbatasan kedua wilayah tersebut. Bagi Pemkab Banjar, iklan ini jelas tindakan melawan hukum dan pelecehan terhadap Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga negara.
Padahal putusan MK nomor 26/PPU-VI/2008 hanya menyangkut tentang kewenangan penetapan batas daerah oleh Mendagri sebagaimana diatur pasal 6 ayat 4 UU nomor 2 tahun 2003.
Sengketa batas wilayah memang bukan kewenangan Mahkamah Konstitusi untuk menyelesaikannya. Jadi putusan MK nomor 26/PPUVI/2008 hanya menyangkut tentang kewenangan penetapan batas daerah oleh Mendagri sebagaimana diatur pasal 6 ayat 4 UU nomor 2 tahun 2003.
Seiring munculnya asumsi yang keliru itu, Ali sendiri sudah menghimbau kepada warga di daerah perbatasan untuk lebih waspada. Mengingat munculnya iklan yang membentuk opini menyesatkan di masyarakat, kalau sekarang Paramasan dan Sungai Pinang masuk wilayah Tanah Bumbu padahal putusan MK hanya sebatas kewenangan.
Jumat, 21 Nov 08
Kompas:
1. Ketentuan pengaturan soal pemberitaan dan iklan kampnye di media massa tidak dimaksudkan untuk memasung kebebasan pers. Namun, hal itu untuk menghindari kemungkinan pemilik modal menguasai porsi pemberitaan maupun iklan di media massa selama proses pemilu. Seperti diberitakan, pimred dan media cetak mengajukan permohonan uji materi ke Mk karena pengaturan iklan kampnye parpol peserta pemilu di media cetak dan lembaga penyiaran di nilai tidak jelas aturan pelaksanaannya dan merugikan.
2. UU No. 39 Tahun 2008 tentang kementerian Negara sudah diundangkan pada 9 November 2008. dengan berlakunya UU ini, seluruh menteri tidak boleh lagi menjadi komisaris / anggota Direksi pada perusahaan negara/ perusahaan swasta maupun merangkap pimpinan organisasi yang dibiayai APBN/APBD.
3. Mantan Menteri Kehakiman dan HAM Yusril Ihza Mahendra diperiksa lagi di Kejagung sebagai saksi perkara korupsi sistem administrasi Badan Hakim/ SisminBakum (kamis,20/11). Kamis, jaksa juga menyita uang Rp 18,5 M dari koperasi pengayoman pegawai Dep. Kehakiman dan HAM (KPPDK). Selasa lalu, Yusril juga diperiksa terkait dugaan korupsi di instansi yang pernah dipimpinnya itu. Yusril menegaskan ia tidak tahu pembagian dana biaya akses (acces fee) ant Dirjen Adm Hukum Umum (AHU) Dephuk dan HAM serta KPPDK. Pembagian dana itu tertuang dalam perjanjian kerjasama kamis 25/7/01 yang ditandatangani ketua umum KPPDK Ali Amran Djainal dan Dirjen AHU Romli Atmasasmita.
4. Prabowo yang diusung GERINDRA sebagai Capres, kamis (20/11), menemui seniman yang ada di Solo, Jateng pada hari yang sama. Prabowo juga bertemu ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin di jakarta. Pda saat yang hampir bersamaan, di solo, Rizal Ramli juga mengumumkan diri sebagai capres dari partai Bintang Reformasi (PBR). Sedangkan partai Golkar baru akan menentukan capres setelah pemilu legislatif nanti. Jika dari pemilu legislatif. Golkar bisa meraih 30% suara, partai ini akan menentukan capres dan cawapres dari internal.
5. Hingga kini KPU belum juga mengeluarkan peraturan mengenai pelaporan dana kampanye sehingga bisa dipastikan parpol peserta pemilu 2009 akan mencatat pemasukan dan pengeluaran dana kampanye secara serampangan. Saat ini penyusunan peraturan KPU terkendala anggran yang belum turun.
6. Mabes kepolisian Negara RI menarik 2 perwiranya yang selam ini bertugas di komisi pemberantasan korupsi (KPK). Mereka adalah Brigadir Jend (pol) Bambang Widaryatmo dan Ajun Komisaris Besar Akhmad Wiyagus.
7. Anggaran belanja tambahan tak Cuma digunakan untuk memberikan uang, tetapi juga digunakan untuk membeli mobil oleh para pejabat Depnakertrans.
8. Walaupun pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah No. 54 tahun 2008 tentang tatacra pengadaan dan penerusan pinjaman dalam negeri oleh pemerintah, hal itu tidak lantas memudahkan proses pengadaan senjata buatan industri pertahanan strategis Dalam Negeri. Pihak TNI sebagai pengguna akhir (end user) telah berkomitmen menggunakan dan mengandalkan berbagai jenis alur sista yang bisa diproduksi sendiri di dalam negeri oleh BUMNIS (Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis).
9. Anggota DPR Bulyan Royan mulai di adili. Ia didakwa jaksa penuntut umum telah memaksa rekanan proyek pengadaan kapal patroli Dephut untuk menyerahkan uang kepadanya.

Bpost:
• “Kalla Ga Usah Jadi Capres”
Meski populer, namun nama Wakil Presiden Jusuf Kalla menurut Presiden Lembaga Riset Indonesia (LRI) Johan Silalahi tak memiliki nilai jual untuk ikut pertarungan pada Pilpres 2009, baik sebagai calon presiden (capres) ataupun sebagai calon wakil presiden (cawapres). Johan kepada wartawan di Jakarta, mengungkapkan apa yang diungkapkannya ini berdasar pada tren penurunan popularitas Jusuf Kalla di mata masyarakat.
Dijelaskan, bila dilihat berdasar popularitas, Jusuf Kalla memang berada pada posisi 95 persen. Akan tetapi, secara elektabilitas, hanya pada kisaran 3 hingga 7 persen saja.
Jusuf Kalla juga kerap berbicara kepada media yang kontoversial dan tidak produktif. Salah satu misalnya adalah, mengenai kebijakan pemerintah tentan kenaikan harga BBM. Pak Jusuf Kalla seakan malah menantang mahasiswa yang menolak rencana kenaikkan harga BBM ketika itu..
• Polisi Periksa Jenderal Pembeking Judi
Polri sedang periksa beberapa perwira bintang dua dan satu yang diduga melakukan backing preman, judi, pembalakan liar dan penambangan liar. Para jenderal ini juga diperiksa karena melakukan pembiaran terhadap terjadinya tindak pidana.
Dari data Media Indonesia, ada dua lokasi perjudian besar yang telah dibongkar kepolisian. Yang pertama di Riau oleh Kapolda Riau Brigjen Hadiatmoko. Empat lokasi perjudian toto gelap (togel) beromzet Rp90 miliar perbulan di Pekanbaru, digrebek Polda Riau. Dari empat lokasi itu ditangkap dua bandar dan 25 karyawan. Menurut pengakuan bandar judi dan dari dokumen yang ada di lokasi perjudian, perjudian ini sudah berlangsung selama enam tahun.
Sabtu, 22 Nov 08
Kompas:
1. laporan dari National intelligence Council (NIC) yang berjudul “global Trends 2 orang” yang diumumkan kamis (20/11) Krisis ekonomi AS adalah sinyal pergeseran kekuatan yang sudah mulai terjadi. Pamor AS dibidang ekonomi dan Militer memudar serta ASIA akan menjadi sentra manufaktur dan sektor jasa lain. Pergeseran kekuatan ditandai dengan resiko tak terhindarkan berupa konflik, perang dan perebutan SDA. Cina dan India yang menjalankan sistem kapitalisme negara, kemungkinan bergabung bersama AS. Ini akan membentuk dunia multipolar. Posisi rusia tak pasti, tergantung dari kekuatan energi dan pengembangan basis investasi. Iran, turki, dan Indonesia sedang mencoba berebut pengaruh. Kekayaan global juga sedang berpindah dari negara maju di barat ke timur tengah, rusia dan Asia. Kawasan ASIA menjadi pusat manufaktur yang sedang naik daun dan juga disejumlah sektor jasa. mantan Menhub dan Ham, Hamid Awaludin yang kini menjadi Duta besar RI untuk Rusia, jumat (21/11), diperiksa jaksa sebagai saksi korupsi Sistem Administrasi Badan Hukum pada Dirjen Adm hukum umum Dep Hum dan Ham. Secara terpisah, mantan Menhub dan HAM yang kini menjadi ketua MK, Mahfud MD membantah dirinya mengetahui adanya perjanjian kerjasama pembagian dan biaya akses proyek sisbminbakum antara direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Depkeh dan HAM dengan koperasi pengayoman pegawai Depkeh dan HAM.
2. anggota DPR Azwar Chesputra, yang menjadi saksi kasus korupsi alih fungsi hutan di sumsel, mengakui pernah menerimaRp 20 juta setelah melakukan kunjungan lapangan. Namun, menurutnya Rp 100 juta itu adalah puinjaman pak Yusuf Erwin Faisal kepadanya karena dia pengusaha.
3. bagian tindak pidana khusus kejaksaan Agung tidak bisa seenaknya mengusulkan penghentian penyelidikan kasus korupsi penjualan kapal tanker raksasa/ very large crude carrier/ vlcc milik PT pertamina. Dalih kejagung tidak menemukan fakta yang mendukung unsur kerugian negara tidaklah tepat.

Bpost:
Minggu, 23 nov 08
Kompas:
Bpost:
1. PEMILU
a. KPU memutuskan menggunakan No urut pada pada pencalonan anggota DPDuntuk memudahkan sosialisasi dan saat pemungutan suara nanti. Dibandingkan caleg pusat provinsi maupun kabupaten dan kota calon calon DPD memang memiliki keistimewaan misalnya pada saat pemilu nanti, hanya kertas suara anggota calon DPD saja yang dipasangi foto calon, sedangkan kertas suara untuk pemilihan caleg hanya berisi nomor dan gambar partai serta nomor dan nama calon tanpa gambar.
b. Menuurt pengamat politik Universitas Paramadian Mulya Bina Arya calaon alternatif mempunyai peluang besar untuk meraih dukungan menyusul tingginya pemilih menang ambang (swing voters). Dia mengatakan hal itu mereka menurut bima merupakan kelompok pemilih nasional. Saat ini para capres terus mencari dukungan. Di antaranya prabowo subianto (P. Gerindra). Sutiyoso(P. Islam sejahtera PIS) dan Wiranto (HANURA)
2. Ketua MPR Hidayat Nurwahid menyesalkan sikap polri yang menyatakan kesulitan menangkap dan menjerat pembuat kartun Nabi Muhammad SAW. Menurut Hidayat pelaku sama dengan teroris dan layak dihukum mati, kini komik pelecehan Nabi Muhammad SAW yang dimuat lewat situs wordpress. Com itu sudah resmi ditutup. Berdasrkan UU nomor 11 tahun 2008tentang informasi dan transaksi elektronik ((ITE) pelaku yang ikut menyebarkan kartun tersebut di ancam hukuman maksimal 6 tahun penjara/ di denda maksimal Rp 1 M.


2. Ekonomi
Senin, 17 November
Kompas:
• Depkeu memperluas penerapan sanksi pemotongan dana alokasi Umum (DAU), kali potongan dibebankan kepada pemda yang gagal melunasi utang mereka ke pemerintah pusat. Jumlah denda dan bungan yng dihapus maksimal Rp. 5 M. sisa denda dan bungan yang lebih Rp.5 M akan dialihkan pada program debt swap, pengalihan utang kepada infrastruktur. Sementara ats pokok utang RDI (Rekening Dana Investasi) dan RPD (Rekening pembangunan Daerah) tersebut tetap harus dikembalikan pemda secara mencicil. Daerah yang tidak bias membayar cicilan sesuai dengan jadwal akan dikenai sanksi pemotongan DAU dan jika diperlukan ditambah dengan pemangkasan dana bagi hasil (DBH).
Sepuluh pemda dengan tunggakan RDI dan RPD terbesar adalah:
• Pemkot Medan Rp. 113,45 M
• Pemkot Makassar Rp. 108,19 M
• Pemkot Medan Palembang Rp. 82,73 M
• Pemprov Maluku Rp. 81,74 M
• Pemkot Banjarmasin Rp.68,45 M
• Pemkot Manado Rp. 32,99 M
• Pemprov NAD Rp. 23,98 M
• Pemkkab aceh Selatan Rp. 19,178 M
• Pemkot Palu Rp. 16,28 M
• Pemkot Tanjung Balai Asahan Rp. 12,08 M
• Distribusi gula bulog bisa langsung ke retail. Perum bulog dan produsen gula Kristal putih atau gula pasir yakni PT perkebunan Nusantara (PT PN) dan PT rajawali Nusantara Indonesia (RNI), jumat pecan lalu menandatangani kontrak kerjasama penyaluran gula pasir milik PT PN dan RNI. Bulog melalui divisi regionalnya mendapatkan kuasa substitusi dan bertindak atas nama mereka.
• Poin penting pengumuman resmi pemimpin G-20
Pemimpin G-20 memberi dukungan kepada Negara berkembang untuk mendapatka suara yang lebih besar di keuangan global.
Mereka mendukung:
a. Langkah-langkah fiscal untuk menaikkan permintaan
b. Kebijakan pada bidang keuangan yang diperlukan
c. Dana lebih untuk IMF dalam rangka membantu Negara berkembang
d. Berjuang untuk sebuah terobosan tahun ini dalam perundingan perdagangan di Doha
e. Reformasi institusi di Bretton woods utnuk member Negara berkembang suara yang lebih bersamaan dengan kekuatan ekonomi yangberubah
f. Dewan pengawas untuk memeriksa bank-bank besar dunia
Menteri-menteri keuangan Negara G-20 diinstruksikan untuk bekerja lebih spesifik pada langkah-langkah diatas sampai dengan 31 Maret 2009 sebelum pertemuan berikutnya.
Langkah ekonomi:
a. Mengambil aksi apapun yang diperlukan untuk menstanilkan system keuangan
b. Lebih mengenal pentingnya kebijakan dukungan keuangan jika dipandang perlu
c. Membantu negara berkembang mendapatkan akses keuangaan termasuk fasilitas likuisitas dan program dukungan
Rundingan perdagangan
a. Tidak menaikkan hambatan perdagangan dalam 12 blan kedepan
b. Mengusahakan mulainya kembali rundinga perdagangan dunia pada akhir tahun
Institusi Keuangan Global
a. Dalam jangka pendek
a. Dengan cepatmemperluas keanggotaan financial stability Forum (FSF) untuk mengikutsertakan Negara berkembang
b. IMF dan FSF bekerjasama. IMF focus pada pengawasan dan FSF pada standar kebijakan
c. Membantu Negara dan ekonomi berkembang mendapatkan akses keuangan dan memastikan IMF, Bank Dunia dan bank pengembangan multilateral mendapatkan dana yang cukup.
b. Dalam jangka menengah
• Reformasi secara menyeluruh IMF dan bank dunia
• Memberikan Negara berkembang hak suara yang lebih besar
• Memperkuat peran pengawasan IMF dalam memberikan saran soal ekonomi makro dan stabilitas keuangan
c. Dalam jangka panjang
• Membangun dewan pengurus untuk semua bidang institusi keuangan internasional. Bank besar harus bertemu secara teratur dengan dewan pengawas mereka
• Mengaitkan system penggajian eksekutif dengan risiko keputusan bisnis yang diambilnya
• Memastikan agen penilai pinjaman memenuhi standar kebijakan global agar menghindari konflik kepentingan dan menyediakan penjelasan yang lebih baik
• Standar akuntansi diperbaiki
• ‘hedge fund” dan dana ekuitas privat untuk mempercepat kesepaakatan praktik terbaik.

Bpost:
• RI Usulkan Dana Global
Indonesia mengusulkan sejumlah proposal dalam mengatasi krisis ekonomi global dalam pertemuan puncak 20 negara berkembang dan maju atau G-20. Usulan itu, antara lain, adalah penggalangan dana global untuk mendukung negara berkembang memelihara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.
Perekonomian suatu negara diukur dengan produk domestik bruto, yang pada dasarnya merupakan penjumlahan nilai tambah yang dihasilkan seluruh unit usaha, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

Presiden menyatakan, dalam mengatasi krisis keuangan global, diperlukan pemulihan kepercayaan investor secara cepat, melindungi sektor riil, sekaligus mereformasi arsitektur keuangan internasional. Ia menuturkan, kendati dilanda krisis, sebaiknya dukungan terhadap negara-negara berkembang tetap dilakukan, terutama jaminan agar pelaksanaan pembangunan di sektor riil, pengurangan angka kemiskinan, dan pengangguran tidak terganggu.

G-20 beranggotakan AS, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Masyarakat Eropa, Kanada, Jepang, China, Rusia, Australia, Arab Saudi, Indonesia, India, Korea Selatan, Turki, Brasil, Argentina, Meksiko, serta Afrika Selatan. G-20 dibentuk di Berlin pada 15-16 Desember 1999 atas prakarsa Jerman dan Kanada. G-20 dibentuk sebagai respons atas krisis keuangan 1997 serta adanya kesadaran akan perlu diakuinya peran negara berkembang sebagai pilar ekonomi dunia.

Pada setiap pertemuan G-20, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia juga diundang. Sebelum pertemuan puncak G-20 ini berlangsung, para menteri keuangan dan gubernur bank sentral telah bertemu di Sao Paulo, Brasil. Mereka merumuskan upaya-upaya untuk menciptakan iklim yang lebih seimbang dan mapan bagi pertumbuhan ekonomi dunia. Isu ini jadi lebih mengemuka di tengah gejolak ekonomi dan finansial, yang berpotensi meluluhlantakkan perekonomian seluruh negara dalam krisis dan depresi berkepanjangan.

Selasa, 18 Nov 08
Kompas:
• Perlambatan pertumbuhan ekomomi sudah tampak pada triwulan III-2008 walaupun krisis global dipastikan berimbas lebih signifikan pada triwulan IV 2008 dan 2009 mendatang. Untuk mencegah peningkatan pengangguran, sector riil yang padat karya mesti diupayakan tetap tumbuh (Kepala BPS Rusman Heriawan)
• G-20 sisakan pertanyaan
Para analis dan investor di pasar saham Asia dan Eropa masih memiliki kekhawatiran akan perekonomia global walaupun akhir pekan lalu sudah dilakukan pertemua G-20. Minyak mentah AS untuk bulan Desember turun sebesar US$ 1,55atau 2,7%menjadi US$ 55,49 per barel, bahkan sempat menyentuh pada harga US$ 54,67yang merupakan harga terendah sejak Januari 2007.
• Resesi sudah resmi dimulai
New York, senin 17/11. Hampir 95% ekonom AS sudah resmi berada dalam resesi yang akan berlanjut hingga tahun 2009. Demikianlah pernyataan para ekonom anggota nasional association for business economics sebagaimana diberitakan marketwatch. Sepanjang Oktober 2008 pengangguran bertambah sekitar 603000 penganggur dan membuat total penganggur menjadi 10,1 juta orang. Ini adalah angka tertinggi dalam 25 tahun terakhir di AS.
• Laporan BPS, Triwulan III ekonomi Jakarta tumbuh 6,19 %
Ekonomi DKI Jakarta pada triwulan III 2008 tumbuh 2,98% dibandingkan dengan triwulan II. Atau tumbuh 6,19% selama 9 bulan 2008 jika dibandingka periode yang sama tahun 2007.
• Butuh upaya abnormal
Kepala ekonom bank danamon Anton gunawan menyebutkan ada beberapa sector yang akan terpukul akibat krisis perekonomian global saat ini, antara lain garmen, sepatu, rokok, elektronik dan minyak sawit mentah. Mereka memerlukan stimulus fiscal dari pemerintah. Faisal basri mengatakan, ancaman nyata yang bias segera terjadi adalah makin tingginya tingkat pengangguran. Saat ini akibat permintaan yang menurun, perusahaan tidak bias menambah kapasitas produksinya. Dalam kondisi ini pengusaha dihadapkan pada sedikit pilihan. Pertama, memberhentikan seluruh pekerjanya dan menutup usaha. Kedua, memberhentikan sebagian pekerjanya dan menjalankan usahanya ala kadarnya.
• PT PLN akan menetapkan syarat kemampuan keuangan bagi perusahaan yang mengajukan proyek pembangunan listrik swasta. Hal itu dilakukan karena banyak kontraktor listrik swasta yang gagal memenuhi komitmen pembangunan setelah kontrak diteken. Kapasitas terpasang listrik nasional saat ini mencapai 29000 megawatt (MW). Sekitar 20,9% berasal dari pembangkit listrik ayng dibangun swasta. Sampai Oktober 2008, dari rencana 123 proyek listrik swasta dengan total daya 25400 MW, 62 diantaranya telah sampai tahap PPA (Power Purchase Aggrement), 19 dalam tahap evaluasi, dan 32 dalam tahap lelang. Dari 62 pengembang yang sudah menandatangani PPA, sebanyak 16 proyek telah beroperasi dengan kapasitas 4194 MW atau 13% dari total rencana proyek listrik swasta.
• Penjualan BUMI berpotensi batal
Perjanjian penjualan saham PT Bumi resources Tbk milik PT bakrie dan Brothers Tbk kepada North Star Pacific Ltd berpotensi tidak dapat diteruskan atau batal. Salah satu factor yangmungkin mengakibatka batalnya perjanjian itu adalah dibukanya suspense saham bumi resources (BUMI). Selain itu juga terdapat persoalan mengenai ketersediaan saham. Vice Presiden Investor Relation bakrie dan Brothers Dian adhitama menyatakan, hal lain yang berpotensi mengakibatkan perjanjian bakrie dan brothers dan northstar gagal adalah materi perjanjian final tidak disetujui oleh rapat umum pemegang saham, pembeli tidakpuas atas hasil verifikasi yang dilakukan dan adanya sejumlah penyesuasian berkenaan dengan hasil uji tuntas yang dilakukan northstar.
• Pinjaman Krisis diumumkan 2009
Depkeu telah mendekati dua kreditur secara intensif yakni Jepang dan bank Dunia. Dalam siaran persnya bank dunia menyebutkan akan meningkatkan pemberiaan pinjaman bagi Negara-negara berkembang yang dilanda krisis keuangan global hingga 3 kali lipat. Pinjaman bank tersebut akan meningkat dari US$ 13,5 M pada tahun 2007 menjadi US$ 30 atatu sekitar Rp. 350 T tahun 2008. Maka, komitmen kredit dari bank dunia akan mencapai US$ 100 M dalam 3 tahun mendatang.
• Akuisisi bakal marak, seiring makin tingginya tekanan terhadap industry perbankan. Bank besar yang modalnya berlebih mengususlkan kelonggaran aturan konsolidasi agar bias mengakuisisi beberapa bank tanpa merger.
• APBD 2009 diperkirakan deficit
Pendapatan daerah kota bogor untuk tahun anggaran 2009 diperkirakan naik 7,29% atau menjadi Rp.715,42 M. namun, karena perhitungan belanja daerah diperkirakan Rp. 797,53 M, APBD tahun 2009 defisit Rp. 82,11 M.
Bpost:
• Meksiko Beli Batu Bara RI
Tiga perusahaan Meksiko yaitu, Sempra Energy, Axtellarany Energy, dan Group Transportes Maritimos Mexicanos SA (TTM) yang bergerak dibidang energy berjanji membeli gas alam cair (LNG) serta bbara dari Indonesia. Rencnanya realisasi dari kesepakatan akan dilakukan tahun depan. Sempra membutuhkan LNG sekitar 3,6 juta ton pertahun, kebutuhan ini akan dipasok oleh LNG Tangguh yang hamper setengah dari kapasitas produksinya. Axtellarany Energy sedang menjajaki kemungkinan membangun dua terminal gas di Gresik dan Banten, bekerjasama dengan Pertamina, Perusahaan Gas Negara, dan PLN. Perusahaan lain TTM SA berencana membeli batu bara 6 juta ton pertahun untuk pembangkit listrik di meksiko.
• APBD Kalsel Naik Rp400 Milyar
Krisis ekonomi global yang dampaknya masih terasa hingga saat ini ternyata tidak berpengaruh terhadap kondisi keuanga Kalsel. Terbukti dari Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2009 tetap dipatok tinggi disbanding tahun 2008 yang mengalami kenaikan sekitar Rp400 milyar yaitu sebesar Rp1,6 trilyun.

Rabu, 19 Nov 08
Kompas:
• Gubernur BI Boediono mendorong pemilik valas dolar AS didalam negeri untuk melepas mata uang asingnya itu mengingat keuntungan yang bias diperoleh lumayan tinggi. Keuntungan itu relative lumayan karena nilai tukar sudah terperosok mendekati ke level Rp. 12.000/ US$. Selain menguntungkan pemilik valas, dampak dari perekonomian juga positif. Tekanan yang amat tinggi terhadap rupiah saat sekurang-kurangnya bisa berkurang mengingat pasokan dolar AS meningkat.
• UMK (upah minimum kota) masih dibawah nilai kebutuhan hidup layak (KHL)
Bupati serang taufik nur iman telah menetapkan UMK 2009 sebesar Rp .1,03 juta. Selain kabupaten Serang, UMK Cilegon ditetapkan walikota Tubagus, Aatsyafaat juga masih dibawah nilai KHL. Walikota merekomendasikan angka UMK 2009 sebesar 1,099 juta, atau 94% dari nilai KHL Rp. 1,169 juta.
• Patokan harga listrik panas bumi diubah. Tidak lagi mengacu pada biaya poko k penyediaan listrik melainkan dengan biaya jangka panjang penyediaan listrik PT PLN. Semula pemerintah melalui PP No 59 tahun 2007 soal kegiatan panas bumi menetapkan harga patokan tertinggi penjualan listrik panas bumi antara 80-85% dari biaya pokok penyediaan (BPP) setempat. Masalah kemudian muncul di wilayah yang BPPnya sudah rendah sementara terdapat potensi panas bumi yang b esar sehingga investor panas bumi menjadi enggan mengembangkannya. Dirjen listrik dan pemanfaatan energy J Purwono, selasa (18/11) di Jakarta mengemukakan perubahan itu diharapkan bias lebih menarik bagi investor dan perbankan yang akan member pendanaan bagi proyek listrik panas bumi.
• RI tetap jadi mitra utama kerjasama Korea. Dubes Korea Kim Ho Young selasa(18/11) di Jakarta mengatakan saat ini ada 1200 perusahaan Korea di Indonesia yang menyerap 500.000 pekerja local.
• Dukung pembiayaan untuk BPD.
Menurut Deputi bidang koordinasi Perdagangan danperindustrian kementrian coordinator perekonomian, Eddy Putra Irawadi, pemerintah menyiapkan tiga model pembiayaan khusus ekspor di daerah. Pertama menerapkan penjaminan ekspor oleh pemerintah pusat atas ekspor. Kedua, memperluas kredit usaha rakyat ke daerah. Ketiga, mendorong pembiayaan ekspor melalui kkredit khusus di bank daerah.
• Lagi, harga saham Bakrie berguguran.
Empat dari enam emiten yang tergabung dalam kelompok usaha Bakrie anjlok hingga menyentuh batas penurunan terendah (auto rejection) yang ditetapkan BEI. Empat saham itu adalah PT bbakrie and Brothers Tbk, PT Energi Mega Persada Tbk, PT Bumi Resources Tbk, dan PT bakrie Sumatera Plantation Tbk yang masing-masing anjlok antara 9,52- 10%.

Bpost:
• Pertengahan 2009 Puncak PHK
Menurut Ketua Kamar Dagang Indonesia pertengahan tahun 2009 akan terjadi peningkatan PHK dikarenakan banyak perusahaan yang mengurangi produksinya akibat dari krisis keuangan global. Penetapan surat keputusan bersama empat menteri mengenai system upah dirasa dapat menekan tingkat PHK.
• Rupiah Tembus Rp12000 Per Dolar
Sempet bertahan lama diposisi Rp 12000 per dolar AS, rupiah akhirnya menjauh dari level tertinggi berhenti pada Rp 11.860 per Dolar AS. Menurut Gubernur BI Boediono hal ini disebabkan kebutuhan dari korporat untuk pembayaran kewajibannya yang meningkat tajam pada pertengahan bulan.
• Pemko Kesulitan bayar Gaji
Departeman Keuangan Republik Indonesia akan memotong dana Alokasi Umum (DAU) untuk pemerintah daerah yang tidak melunasi hutangnya kepada pemerintah pusat hingga batas waktu yang ditentukan. Kota Banjarmasin mempunyai hutang RP68,45 milyar yang harus dilunasi paling lambat Desember 2008. Banjarmasin merupakan daerah pemilik hutang terbesar kelima yang terutang rekening dana investasi dan rekening pembangunan daerah. Ironisnya Banjarmasin tidak mempunyai kemampuan untuk membnyar utang tersebut.
Akibatnya suplai DAU untuk tahun 2009 terancam dipotong , lebih parah DAU yang diterima kota Banjarmasin hanya Rp43,599 milyar diperkirakan tidak menerima lagi tahun depan. DAU sangat diperlukan bagi kelangsungan pembangunan di Banjarmasin. Pasalnya dari anggaran yang ada hanya 20 persen yang berasal dari APBD Kota Banjarmasin, sisanya dari APBD Propinsi DAK dan DAU dari APBN.
Pembanyaran gaji pegawai, penyusunan rancangan tata ruang dan beberapa pronyek insfrastuktur lainnya dibayar menggunakan DAU. Pemko Banjarmasin akan meminta dispensasi dengan cara memnuat pronyek atau deep swift. Jika tidak akan meminta kembali restrukturisasi utang ke pusat.

Kamis, 20 Nov 08
Kompas:
• Resesi memukul 4 sektor.
“krisis sector keuangan kita telah menyebar ke seluruh system perekonomian.” Kata menteri Keuangan AS Henry Paulson, selasa (18/11) di Washington dalam rangka komisi Sektor keuangan DPR AS. Resesi berupa kontraksi ekonomi sudah dimulai pada kuartal III-2008 dan berlanjut ke kuartal IV. Krisis keuangan di AS adalah pemicu dan kini mulai memukul investasi, perdagangan, batuan serta keyakinan konsumen dan investor.
• Wapres tak ingin BLBI jilid II terjadi.
Jakarta, pemerintah belum dpaat belum dapat menerapkan jaminan sepenuhnya atau blanket guarantee terhadap seluruh dana pihak ketiga atau DPK yang disimpan di Perbankan. Menurut wapres Kalla, BLBI jilid I pemerintah mengeluarkan surat utang kepada BI maupun perbankan mencapai Rp. 600 T, hingga kini pokok dan bunganya masih harus ditanggung pemerintah. Bagaimana kalau jilid II? Tambah wapres Kalla.

Bpost:
• CD Galuh Tak Tepat Sasaran
Dana Community Development (CD) yang digulirkan perusahaan tambang intan PT Galuh Cempaka diakui belum terasa mengangkat derajat kesejahteraan warga sekitarnya. Pemberdayaannya dinilai tidak tepat sasaran. Berdasarkan hasil survei tim CD, dana CD yang sudah lima kali ini digulirkan sejak tahun 2007 lebih dari separo binaan tidak lagi berkembang. Dana terkesan habis dipakai begitu saja tanpa ada hasil berkelanjutan.
Untuk pengucuran dana CD triwulan ke-3 dan ke-4 yang dibagikan Kamis (20/11) kemarin di kantor kecamatan Cempaka, masyarakat tiga kelurahan dari dua kecamatan di Banjarbaru mendapat total bantuan Rp 195 Juta.Untuk kelompok binaan warga di kelurahan Palam, mendapat kucuran bantuan dana CD Rp 55 Juta. Warga Kelurahan Bangkal, Rp 65 Juta dan warga Palam Rp 75 Juta. Penyaluran di Guntung Manggis lebih difokuskan pada permodalan ternak dan tani yang berkisar antara Rp 3,5 juta sampai Rp 5 juta dengan total menyerap Rp 27,5 juta.
Sedang untuk warga Kelurahan Bangkal, total bantuan Rp 65 juta digunakan untuk modal usaha koperasi pengadaan bahan bangunan jenis galian C. Sementara di Palam, bantuan CD diberdayakan untuk permohonan partisipasi 12 RT dengan kisaran Rp 2 juta. Untuk modal simpan pinjam, kebun toga PKK sampai modal pembelian kain masing-masing Rp 1 juta. Lainnya, untuk mobil ambulan Rp 35 juta.
Rencana kedepan perberdayaan dana CD mengutamakan kualitas. Konsekuensinya, jumlah penerima CD dikecilkan. Sebaliknya, dana yang diterima diperbesar. Tapi dana partisipasif, tetap jalan. Cuma dibatasi jumlah penerima. Sebaliknya, dana CD akan difokuskan dalam satu atau dua pengembangan pemberdayaan yang lebih terlihat dan berkelanjutan hasilnya.
• CPO Bertahan 500-600 Dolar/ton
Krisis global ikut mempengaruhi harga sawit mentah (CPO). Bila awal tahun ini harga CPO sempat menyentuh 1.000-1.400 dolar AS per ton kini harganya berada pada kisaran 500 dolar AS per ton. Harga CPO dalam beberapa bulan ini cenderung fluktuatif dan kisaran harga sangat tergantung pada krisis global. Bila krisis cepat membaik harga CPO akan mencapai harga yang stabil, demikian pun sebaliknya.
• Bin Ladin Cari Lahan di Indonesia
Perusahaan agrobisnis asal Timur Tengah, Bin Ladin Group, semakin serius berinvestasi di sektor agrobisnis di Indonesia. Buktinya, sekarang perusahaan asal Arab ini sedang melakukan studi terhadap pilot project alias proyek awal.
Perusahaan asal Timur Tengah itu sedang mencari lahan 10.000 hektar untuk dijadikan pilot project. Sekarang ini sedang dalam studi untuk pilot project itu. Ada beberapa daerah yang pantas dijadikan pilot project, misalkan, Lampung dan Kendari. Untuk menggarap proyek agrobisnis itu, Bin Ladin berkomitmen berinvestasi senilai 2 miliar dollar AS. Kelompok usaha Bin Ladin ini akan menggarap proyek agrobisnis seluas 500.000 hektare dan akan berpusat di Irian Jaya.
Jumat, 21 Nov 08
Kompas:

1. ancaman gelombang PHK akibat krisis global mulai nyata dirasakan oleh sektor manufaktur. Sampai kamis (20/11), pemerintah menerima permintaan sejumlah perusahaan yang berniat melakukan PHK terhadap 12.600 pekerja dan merumahkan sedikitnya 1.200 orang. Sebagian besar dari perusahaan itu bergerak di sektor industri padat karya yang berlokasi di Jabar, Kalbar, Riau, Jatim dan Jateng.
2. Meski nilai tukar Rp masih mengalami pelemahan terhadap dolar AS, pemerintah masih percaya diri. Menurut kepala badan kebijakan Fiskal Depkeu Anggito Abimanyu rupiah memang terkoreksi, tapi bukan rupiah satu-satunya yng terkoreksi. Bahkan Won Korea terkoreksi lebih dalam daripada rupiah. Pemerintah mengharapkan tidak ada gejolak terlalu tinggi. Bila ada berupaya agar Rp tidak cepat melonjak. Dalam rapat yang membahas soal kondisi ekonomi itu. Selain soal gejolak Rp, rapat juga membahas 4 hal, yaitu kondisi makro ekonomi, penggunaan APBN sebagai instrumen stimulus ekonomi mempercepat dan menaikkan proyek infrastruktur dan kerjasama internasional, multilateral dan bilateral.
3. BEI mengenakan sanksi denda sebesar Rp 500 juta kepada perusahaan sekuritas, PT Danatama Makmur, terkait kasus gagal bayar beli saham PT BUMI RESOURCES Tbk. Selain itu, Danatama juga diwajibkan segera membenahi manajemen resiko perseroan. Sementara itu, BEI meminta seluruh perusahaan sekuritas melaporkan transaksi gadai saham dengan perjanjian / repurchase agreement (repo) yang dilakukan setiap hari. Data repo yang harus dilaporkan adalah jumlah repo, pihak yang terlibat, lawan transaksi, underlying asetnya, serta waktu jatuh tempo.
4. Pemerintah mengalami kerugian selisih kurs akibat terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dan Yen Jepang. Nilai pembayaran utang pemerintah untuk kedua valuta asing tersebut menjadi membengkak. Anggaran pembayaran utang yang telah dialokasikan dalam APBN diperkirakan tidak akan cukup. A/d itu, Depkeu tengah menghitung kembali kebutuahan tambahan anggaran tersebut.
5. Dampak krisis global mulai menyentuh sektor peternakan unggas, permintaaan produk unggas yaitu daging dan telur turun sekitar 10 %. Ini terjadi akibat turunnya daya beli masyarakat hampir diseluruh indonesia seiring turunnya harga komuditas perkebunan ekspor seperti minyak kelapa sawit mentah (CPO), karet alam dan kakau.
6. Hingga akhir tahun ini diperkirakan terdapat dana sebesar Rp 98,95 T yang tidak terpakai. Denagan demikian, anggaran belanja negara yang terpakai berjumlah Rp 890, 55 T/ 90% dari target di dalam APBN perubahan 2008 sebesar 989,5 T. dana tidak terpakai ini akan dihimpun dalam sia\sa lebih penggunaan anggran (silpa). Penggunaan silpa diprioritaskan sebagai bantalan dalam menghadapi kemungkinan memburuknya krisis keuangan dan perekonomian global. Pemerintah memperkirakan bisa menghemat kebutuhan pembiayaan APBN-P 2008 sekitar Rp 44T, yang berarti jumlah utang baru yang ditarik lebih rendah dari target awalnya.
7. Ketatnya likuiditas perbankan akhir-akhir ini membuat daya serap pasar properti menipis, baik untuk kalangan menengah bawah, menengah maupun menengah keatas. Menurut ketua DPP REI (Real Estate Indonesia), teguh satria, penyaluran KPR dengan kisaran Rp 150-500 juta/ unit. Diperkirakan turun hingga 40 %, mereka telah menempuh berbagai langkah untuk menggairahkan pasar perumahan, adalah melalui subsidi suku bunga 1-2% selama 1 tahun, atau mendorong promosi. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan pemerintah dan perbankan untuk menopang penyerapan perumahan.
8. Meski krisis global menerpa indonesia, maskapai nasional indonesia diuntungkan penyelenggaraan pemilu 2009 karena orang banyak bepergian untuk menggonsolidasikan massa dan berkampanye.
9. Indonesia berpeluang mengekspor gula dan beras karena ada lonjakan pasokan di dalam Negeri. Dengan demikian, terdapat surplus, untuk ke 2 komoditas itu. Adapun mengenai minyak kelapa sawit mentah (CPO), kebijakan pemerintah mengalihkan produksi CPO ke bahan nabati dan menghapus Bea keluar untuk ekspor CPO telah menahan laju penurunan nilai penjualan CPO.
10. Indeks harga saham di asia turun hingga 6 % pada perdagangan kamis, (20/11) terendah dalam 5,5 tahun terakhir ini. Harga minyak dunia terus turun di bawah 53 dollar AS/ Barrel. Kurs mata uang yang aman seperti yen naik resesi global serta krisis finansial tampaknya memburuk. Saham-saham di Eropa juga melemah. Tingkat keuntungan obligasi pemerintah AS mencapai titik terendah dalam 2 tahun terakhir.
11. Sekitar 600 restoran yang menyjikan menu asing di jakarta mengalami krisis bahan baku akibat krisis global dan ketatnya pengawasan bahan pangan impor. Restoran yang mempekerjakan sedikitnya 6000 orang itu juga terancam tidak dapat beroperasi jika terus dirundung kesulitan importasi. Selain itu perselisihan hubungan industrial akibat PHK dan mogok kerja terus terjadi di Jakarta Utara. Bahkan, kini ada 93 perusahaan berselisih antar pemodal dan buruh. Dari jumlah itu, sebanyak 89 perusahaan atau 95,7% diantaranya karena kasus PHK.

Bpost:
• Tahun 2009 Surplus Gula
Pada 2009 Indonesia akan mengalami surplus gula. Tambahan produksi naik menjadi 4,2 ton atau naik 1,5 juta ton. "Produksi gula naik 2,7 juta atau naik 40 persen. Ditambah gula rafinasi 1,5 juta ton. Itu bagus sekali, jadi kita tidak akan impor gula.
Pada 2007-2008 merupakan masa giling, jadi tahun 2009 pasokan gula akan melonjak. Surplus gula tersebut di antaranya berasal dari PT Perkebunan Nusantara yang naik menjadi 1 juta ton. Jika dilihat, konsumsi gula dalam negeri tidak banyak berubah.
Konsumsi gula diperkirakan mencapai 250-300.000 ton per bulan. Jika ditambah dengan total industri besar konsumsi gula diperkirakan mencapai 3,5 juta ton.

• Pemerintah Kehilangan Rp45 Trilyun
Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai, dalam tiga tahun terakhir ini, Pemerintah telah kehilangan potensi pendapatan senilai Rp 45 triliun dari penjualan BBM oleh Pertamina. Sebabnya, meskipun pemerintah mengeluarkan anggaran untuk membayar subsidi BBM, tetapi harusnya pemerintah juga mendapatkan pendapatan dari PPN penjualan dan PBBKB (Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor)

Berdasarkan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP), hasil audit BPK tahun 2006 dan 2007, penerimaan negara dari laba bersih hanya tercatat Rp 107.248.237.896. Padahal seharusnya, senilai Rp 21,427 triliun. Maka dari data tersebut telah terjadi kekurangan senilai Rp 21,321 triliun.

Untuk tahun 2008, berdasarkan laporan ICW yang mengacu pada perhitungan BPK, potensi kerugian pemerintah melalui pajak penjualan BBM mencapai Rp 23 triliun, sebabnya dalam APBN 2008 diketahui ada penerimaan namun bernilai nol. "Data tersebut terlihat, pertamina telah memungut laba dari hasil pajak penjualan BBM sebesar sekitar Rp 45 triliun selama 3 tahun.
Mengenai penggunaan dana, ada kemungkinan dana tersebut digunakan untuk kepentingan politik, bisnis atau yang lainnya. Sebabnya hingga saat ini, dana tersebut, belum jelas ada dimana dan disetor kepada siapa.
• Dana Pas-pasan Juga Bisa Main Saham
Masyarakat umum selama ini masih berpandangan pasar saham hanya untuk orang-orang berduit. Padahal sejatinya untuk berinvestasi lewat lantai bursa tidak perlu nunggu berkantong tebal. Dengan dana pas-pasan pun, bisa mulai bermain saham untuk melipatgandakan uang yang telah kita miliki.
Ada beberapa cara untuk menyiasati dana pas-pasan ini. Salah satunya dengan membentuk investor club atau patungan dana dengan beberapa orang sesama berkantong cekak. Biasanya, investor club ini terdiri dari lima orang yang punya dana pas-pasan, namun ingin mencoba peruntungan investasi di saham.

Dan saat harga-harga saham berjatuhan seperti sekarang ini merupakan peluang yang cukup bagus bagi yang berkantong cekak untuk mencoba peruntungan. Misalnya dana Rp 5 juta yang biasanya tidak cukup untuk membeli satu lot saham, saat bisa membeli beberapa lot saham Grup Bakrie yang harganya lagi jatuh. Satu lot itu berisi 500 lembar saham.

Tentang berapa modal awal untuk bisa berinvestasi di pasar modal, besar kecilnya bervariasi. Tiap-tiap perusahaan sekuritas memiliki peraturan dan patokan berbeda-beda. Ada yang mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 100 juta. Untuk tahap awal berinvestasi, investor dapat membeli saham dalam jumlah 1 lot sesuai peraturan Bursa Efek Indonesia.

Sabtu, 22 Nov 08
Kompas:
1. kondisi perbankan nasional secara umum saat ini dalam keadaan mantap dan stabil. Namun, BI terus memonitor perkembangan perbankan di tanah air sekaligus mewaspadainya. Pengambilan Bank Century oleh LPS bukan cerminan kondisi umum perbankan. Alan BI mengambil alih bank Century dikatakan oleh Boediono hanya untuk lebih menaikkan keamanan dan kualitas pelayanan bagi para nasabahnya. Sementara itu, Dewan Komisioner LPS, Rudjito mengatakan, bank century mengalami kekurangan rasio kecukupan modal (CAR) setelah mengalami penurunan nilai (deteriosisasi) aset.
2. wapres M. yusuf Kalla meminta masyarakat jangan khawatir akan ancaman PHK di sektor industri akibat krisis keuangan global. Selain menilai jumlahnya masih kecil, pemerintah juga terus berusaha mengatasinya dengan menggerakkan investasi di sektor infrastruktur.
3. Dalam menghadapi gejolak nilai tukar Rp terhadap dollar AS. Bi akan menjaga nilai kurs dalam tingkat yang realistis dan bagi perekonomian nasional tidak hanya itu, BI juga akan tetap berada dipasar, tetapi tidak akan mengumumkan jumlah dana yang akan digunakan untuk investasi. persediaan anggran subsidi BBM dilaporkan kian menipis. Hingga 14 november 2008, realisasi subsidi BBM dan gas mencapai Rp 118,6T/93% dari target APBN-P 2008 yaitu Rp126 T, sehingga tinggal tersisa 7% nya.
4. menurut direktur dan eksekutif badan energi Internasional (IEA), Nobuo Tanaka. Pemerintah perlu mempertimbangkan untuk mengeluarkan paket stimulus khusus bagi pengembangan energi terbarukan. Dukungan kebijakan yang lebih tegas atas pengembangan energi alternatif nonfosil harus segera dilakukan sebelum harga minyak kembali naik.
5. Meski Depkeu telah merubah mekanisme pencairan dana alokasi khusus (DAK) dari desentralisasi menjadi terpusat, perilaku aparat daerah dalam mendorong realisasi proyek pisik yang dibiayai pos anggaran ini tidak berubah. Realisasi proyeknya masih minim, yaitu59,4% dari total pagu hingga 14/11/08. padahal, pelaksanaan, proyek tinggal sebulan.
6. otoritas BEI kembali mensuspensi perdagangan saham PT bank Century, Tbk terhitung sejak sesi I perdagangan jumat (21/11). Suspensi itu dilakukan terkait dengan pengambilalihan Bank Century oleh LPS.

Bpost:
• Bank Century Diambil Alih
Bank century akhirnya tak berdaya. Pemerintah melalui Lembaga Penjamin simpanan (LPS) mengambil alih bank tersebut karena mengalami kesulitan likuiditas.
Meski telah di take over oleh pemerintah, dikhawatirkan memberikan efek domino ke bank-bank lain. Dapat dilihat dari banyaknya nasabah yang memindahkan dananya dari bank kecil ke bank besar. Berdasarkan data banka Indonesia pada September 2008 terjadi penggemukan dana sampai Rp40 trilyun di bank-bank plat merah.

• 60 Perusahaan Asuransi Akan gulung Tikar
Kewajiban modal minimun yang diatur pemerintah mengancam kelangsungan perusahaan asuransi. Setidaknya, 60 dari 91 perusahaan asuransi akan gulung tikar. Seiring dengan hal itu, lagi-lagi ribuan karyawan terancam pecat.
Pemerintah melalui Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Departemen Keuangan meminta agar perusahaan yang bangkrut memindahkan karyawannya ke perusahaan lain. Pernyataan itu dituangkan melalui surat dari Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany, yang diterima oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada 14 november lalu.

Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari permintaan AAUI, bahwa perusahaan asuransi maupun reasuransi menolak PP 39 tahun 2008 yang mewajibkan modal minimal masing-masing Rp100 miliar dan Rp200 miliar.
Selain itu, perusahaan juga menolak kewajiban dana jaminan 20 persen dari modal minimal seperti yang tertuang dalam PP No 39 tahun 2008.

• Garuda Rugi Akibat Lemahnya Rupiah
PT Garuda Indonesia (Garuda) memastikan akan mengalami rugi nilai tukar (kurs) tahun ini, jika pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berlanjut hingga akhir tahun.
Penegasan tersebut terkait dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akhir-akhir ini. Bahkan, kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antar bank Jakarta, Jumat sore sempat melewati angka Rp12.500 per dolar AS, karena kebutuhan dolar AS di pasar domestik makin besar.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS merosot menjadi Rp12.540/12.590 per dolar AS dibanding penutupan hari sebelumnya Rp12.230/12.500 atau melemah sebesar 310 poin.

Catatan menunjukkan, utang Garuda ke sejumlah kreditor asing dan dalam negeri saat ini nilainya mencapai 763 juta dollar AS. Rinciannya antara lain, Garuda berutang kepada European Export Credit Agency (ECA) sebesar 510 juta dollar AS dan ke sejumlah pemegang surat utang (promissory notes) 130 juta dollar AS.

Selain itu, Garuda juga punya utang ke Export Development Canada sebesar 12 juta dollar AS.
Tidak hanya itu, maskapai pelat merah ini juga berutang kepada para pemegang mandatory convertible bonds (MCB) seperti Bank Mandiri, Angkasa Pura I dan II, yang jumlahnya mencapai 131 juta dollar AS.
Sedangkan, sisanya, sekitar 100 juta dollar AS adalah utang ke sejumlah kreditor dalam negeri lainnya, yakni BRI, BNI, dan Pertamina.
• Krisis Berlanjut Rupiah Sulit Tertolong
Krisis keuangan global yang berlangsung saat ini menekan rupiah, sehingga kurs rupiah sempat mencapai Rp12.000 per dolar AS. Keterpurukan rupiah mengakibatkan Bank Indonesia (BI) menggunakan seluruh instrumennya untuk mengatasi gejolak rupiah agar posisinya kembali di bawah angka Rp12.000,- per dolar AS.
Nilai tukar itu tampaknya sulit diatasi karena hampir semua mata uang Asia melemah terhadap dolar AS, terutama Won Korea yang terpuruk lebih jauh lagi dibanding rupiah, akibat krisis keuangan global yang makin menekan. Rupiah sejak dua bulan lalu terpuruk dan sempat mendekati angka Rp12.500,- per dolar AS. Rupiah semula masih bertengger di bawah angka Rp9.000,- per dolar AS (Rp8.975,-), ditopang oleh masuknya arus dana asing ke pasar modal maupun pasar uang.
Direktur Utama PT Finance Corpindo, Edwin Sinaga mengemukakan semua pihak harus segera menyadari bahwa saat ini nilai tukar rupiah sedang memasuki keseimbangan baru. Semua yang terkait terutama pebisnis diharapkan menyadari bahwa dolar AS tidak akan kemgbali ke posisi di bawah Rp10.000,-.
Lembaga riset Economist Intelligence Unit (EIU) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2009 menurun menjadi 3,7 persen dari tahun ini yang mencapai 6,1 persen.
Direktur Corporate Network EIU, Dustin Wood mengatakan, merosotnya pertumbuhan ekonomi Indonesia seiring makin ketatnya likuiditas global dan makin sulitnya untuk memperoleh sumber pendanaan.
Karena itu, BI sampai sampai saat ini mempertahankan tingkat suku bunga acuannya,BI Rate, yang mencapai 9,5 persen, meski disisi lain BI telah memperlonggar pengetatannya, ucapnya.

Pemerintah dalam hal ini juga diminta untuk membuka kepemilikan asing di sektor properti sebagai solusi melemahnya nilai tukar rupiah, karena dengan kemudahan itu asing akan membelinya yang berarti ada uang dolar AS yang masuk ke Indonesia.
Semua sektor memang berpeluang terkena dampak melemahnya nilai tukar, yang idealnya pada kisaran Rp9.500.

• Citigroup Pertimbangkan Jual Perusahaan
Manajemen Citigroup Inc saat ini tengah mempertimbangkan untuk menjual sebagian atau seluruh saham perusahaan. Setelah mengalami kerugian selama empat kuartal berturut-turut, Citigroup berupaya meningkatkan modal kerjanya dari menjual aset-aset dan kepemilikan saham dengan total 75 miliar dollar AS sejak Desember tahun lalu. Jumlah tersebut juga termasuk dengan suntikan dana segar dari Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) sebesar 25 miliar dollar AS.

Pada pukul 04.15 di bursa New York Stock Exchange, harga saham Citigroup mengalami penurunan 1,69 dollar AS menjadi 4,71 dollar AS. Ini merupakan angka terendah dalam 15 tahun terakhir. Sepanjang tahun ini, harga saham Citigroup sudah terjun bebas sebesar 84 persen.

Citigroup sudah mengalami kerugian sebesar 20 miliar dollar AS yang disebabkan tingginya pinjaman gagal bayar dan menurunnya permintaan jasa perbankan.
• Soal SNI, Kesadaran Pengusaha Rendah
Kesadaran para pengusaha untuk menerapkan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) masih rendah, tercatat baru 816 dari total 6.800 SNI digunakan pada produk Indonesia.
Sekarang ini baru 12 persen dari total 6.800 SNI yang kita miliki digunakan pengusaha. Ini sih sudah lumayan meningkat.

Sementara itu rendahnya kesadaran masyarakat akan standarisasi karena kurangnya informasi akan pentingnya standarisasi produk dan jasa. Daya beli boleh jadi menjadi salah satu penyebab lain rendahnya kesadaran masyarakat terhadap SNI.
• Kartu Kredit Harus Pake Chip
Mulai tahun 2009, Bank Indonesia (BI) pada 2009 akan mengeluarkan regulator baru bagi bank dalam menerbitkan kartu kredit. Nantinya, setiap kartu kredit harus menggunakan chip, tidak menggunakan magnetic stripe seperti yang ada sekarang.
Penggunaan chip pada kartu kredit lebih aman karena data-data yang ada didalamnya telah di-encript sehingga tidak mudah dicuri. Sebab, kejahatan yang selama ini terjadi pada kartu kredit adalah pencurian data untuk digunakan bertransaksi tanpa sepengetahuan pemiliknya.
Saat ini BI telah menginstruksikan kepada bank-bank untuk mengurangi dan membatasi penerbitan kartu kredit kepada nasabah dan mempercepat migrasi penggunaan kartu kredit menggunakan chip ini. Berdasarkan data yang dikeluarkan BI, jumlah pengguna kartu kredit saat ini mencapai 10 jutaan, bahkan untuk kartu debet dan ATM mencapai 35 jutaan. Selian kartu kredit, chip ini nantinya juga diberlakukan pada kartu debet dan kartu ATM.
• Rush, Wall Street Jatuh Lagi
Saham-saham Wall Street jatuh lagi pada Kamis waktu setempat, karena kepanikan investor meluas membuat sebuah hiruk-pikuk serbuan (rush) keluar dari saham dan masuk ke dalam obligasi dalam menghadapi data ekonomi yang lebih lemah dan perkembangan upaya bailout untuk industri otomotif.
Indikator utama pasar merosot ke posisi terendah dalam 11,5 tahun terakhir, karena para investor berlari untuk menutup pasar obligasi, mengirimkan imbal hasil (yield) ke posisi terendah selama ini.

Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh ke posisi terendah baru dalam lima setengah tahun, kehilangan 444,99 poin (5,56 persen) menjadi berakhir pada 7.552,29 sehari setelah terperosok 427 poin.

Indeks komposit Nasdaq turun 70,30 poin (5,07 persen) menjadi 1.316,12, level penutupan terendah sejak 2003. Indeks Standard & Poor's 500 merosot 54,14 poin (6,71 persen) menjadi 752,44, posisi akhir terendah sejak April 1997.

Pasar terhuyung-huyung sepanjang hari dan aksi jual menguat karena Partai Demokrat di Kongres menunda pemungutan suara untuk bailout "tiga besar" produsen otomotif yang terpukul krisis hingga paling kurang Desember, dan mengatakan para pimpinan industri untuk datang dengan sebuah pola penyelamatan baru.

Imbal hasil pada Treasury bills (surat utang jangka pendek pemerintah) bertenor empat minggu turun menjadi 0,045 persen dan bertenor tiga bulan hanya memberikan yield 0,03 persen, karena para investor menyerbunya untuk mengamankan investasi mereka.

Yield obligasi negara (Treasury bond) bertenor 10 tahun tercatat 3,022 persen, rekor terendah, setelah 3,391 persen pada Rabu. Yield obligasi negara bertenor 30 tahun turun menjadi 3,502 persen, terendah sejak rekor dipertahankan oleh Federal Reserve pada 1977, terhadap 3,972 persen.

Di sektor finansial yang bermasalah, Citigroup turun 26 persen menjadi 4,71 dolar AS setelah jatuh 23 persen pada Rabu, gagal memanfaatkan momentun berita bahwa Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal akan meningkatkan kepemilikannya di bank tersebut menjadi lima persen.

Bank of America jatuh 13,9 persen menjadi 11,25 dolar AS dan JPMorgan Chase merosot 17,9 persen menjadi 23,38 dolar AS.

General Motors terpukul ke posisi terendah 70 tahun sebelum "rebound" 3,2 persen menjadi 2,88 dolar AS, sementara Ford menguat 10,3 persen menjadi 1,39 dolar AS, karena para investor berspekulasi bahwa rencana bailout akan disetujui, demikian AFP.
• Menteri Ngeluruk Ke Istana wapres
Menghadapi dampak krisis keuangan AS di Tanah Air, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengumpulkan sejumlah anggota Kabinet Indonesia Bersatu di Istana Wapres, Jakarta, kemarin.
Tidak hanya anggota Kabinet, petinggi perbankan nasional dan pimpinan Bank Sentral Indonesia turut hadir pada pertemuan yang digelar pukul 16.00 WIB.
Mereka yang hadir ini antara lain Dirut Mandiri Agus Martowardojo, Dirut BRI Sofyan Basir, Gubernur BI Boediono, Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani, Menneg BUMN Sofyan Djalil, Menakertrans Erman Suparno, Menteri PU Djoko Kirmanto, dan Menneg/Kepala Bappenas Paskah Suzetta.
• Goodyear Tambah Investasi Mesin
Tahun depan PT Goodyear Indonesia Tbk (GDYR) akan meningkatkan kapasitas produksi. Untuk itu, Goodyear sudah siap-siap mengeluarkan dana investasi baru USD31,319 juta atau setara Rp285,004 miliar untuk membeli mesin dan peralatan baru. Perincian investasi baru tersebut, pembelian mesin dan perlatan penunjang senilai USD10,420 juta (Rp96,240 miliar) dan biaya instalasi sebesar USD9,940 juta (Rp91,806 miliar).
Dalam rekomendasinya,, GTRC menunjuk pihak Goodyear International Corporation Shanghai sebagai pihak terafiliasi senilai USD1,392 juta (Rp12.857 miliar).
Adapun pembelian mesin beserta instalasinya dilakukan dengan pemasok (supllier) yang tidak terafiliasi dengan GTRC. Supplier dan pelaksana pekerjaan instalasi ini akan ditentukan melalui proses tender terbatas.
Adapun sumber pembiayaan investasi ini akan diperoleh dari kas internal senilai USD2,360 juta dan sisanya dari pinjaman bank. Saat ini perseroan telah melaksanakan proses pemrohonan faslitas ke sejumlah bank.
Pembelian mesin dan alat penunjang ini betujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi ban radial rata-arta sebesar 47%. Hal ini akan berdampak langsung dengan performa keuanagan perseroan. Pemenuhan permintaan ekspor akan menambah pendpatan.
Rencananya transaksi pembelian mesin dan instalasi ini akan diagendakan untuk mendapat persetujuan dalam rapat umum pemegang sahamluar biasa (RUPSLB) pada 17 Desember 2008.
• Inilah 10 Perusahaan Idaman
Sepuluh perusahaan dinobatkan sebagai perusahaan idaman. Penghargaan ini diberikan majalah dwimingguan Warta Ekonomi di Hotel Ritz Carlton, Sudirman Jakarta.


Sebanyak 1200 kuesioner disebarkan kepada pembaca guna mengetahui perusahaan mana yang paling diminati. Kriteria idaman antara lain perusahaan memiliki perkembangan pesat serta memperhatikan kesejahteraan karyawan
• Kesepuluh perusahaan yang meraih anugerah yaitu Pertamina, Astra Internasional, Bank Central Asia, Unilever, Garuda Indonesia, Telkom, Bank Mandiri, Mustika Ratu, IBM, dan Aneka Tambang.

• Harga Saham Bumi Dekati Rp 500
Tekanan jual pada saham PT Bumi Resources (BUMI) belum juga mereda sehingga saham ini turun lagi harganya hingga mendekati Rp500 per saham, padahal harga saham perusahaan batubara tersebut sudah tergolong sangat murah.
Pada pembukaan perdagangan, BUMI langsung terpukul dan terkena auto rejection karena turun hingga Rp80 atau 9,3 persen menjadi Rp780 per saham.

Sentimen negatif terus menggelayuti emiten Grup Bakrie ini, terutama masalah gadai saham (REPO) yang masih berlarut-larut dan belum ada kejelasan penyelesaiannya sehingga harganya telah merosot 64% dari level sebelum suspensi Rp2.175 pada 6 Oktober 2008 atau turun 91 persen dari harga tertinggi Rp8.750 pada Juni 2008.

Anjloknya saham BUMI menular ke saham grup Bakrie lainnya, yaitu Bakrie Sumatra Plantation (UNSP) turun Rp25 (10%) menjadi Rp225, Bakrieland Development (ELTY) turun Rp3 (4,55%) menjadi Rp63, Bakrie Telecom (BTEL) turun Rp1 (1,89%) menjadi Rp52, Bakrie & Brothers (BNBR) turun Rp11 (9,33%) menjadi Rp107 dan Energi Mega Persada (ENRG) stabil pada Rp285.

Sebelumnya saham BUMI merupakan saham yang paling populer dan sangat likuid, namun sekarang menjadi saham yang tergolong dihindari investor.

• Jumlah KP Aktif Merosot 80 Persen
Krisis ekonomi global, dampaknya mulai dirasakan perusahaan tambang batubara di Kalimantan Selatan khususnya Tanah Bumbu. Menyusul tutupnya puluhan perusahaan pertambangan pemegang Kuasa Penambangan (KP) akibat turunnya harga batu bara.
Bahkan dari ratusan pemegang KP yang tersebar di Tanah Bumbu menurut satu pemegang KP saat ini hanya tinggal 20 KP yang aktif. Namun ia membantah kalau tutupnya sejumlah KP terkait perijinan atau dianggap ilegal.
Saat harga batu bara berada di puncak, produksi ditingkatkan termasuk biaya operasional. Namun harga tak bertahan lama dan langsung turun akibatnya kami kelebihan produksi dan harus menanggung kerugian.
Menjual dengan harga 45 US dolar saja sulit padahal sebelumnya harga batu bara mencapai 55 US dolar per tonnya. Sementara biaya produksi yang dikeluarkan sangat besar.
Dari data di Distamben Kalsel kuasa penambangan yang ada di Kalsel, terbanyak berada di Tanah Bumbu. Dengan kapasitas produksi antara 5.000 sampai 20.000 ton per bulan.
Beberapa KP di Tanah Bumbu yang telah melakukan tahap produksi hingga 2009 dan 2011, seperti KUD Tirta Utama, PT Publik Opsi Mandiri, PT Radhitya Bara Moya, PT Berkat Banua Inti Blok I hingga Blok III.
Minggu, 23 nov 08
Kompas:
Bpost:
1. 8 pejabat bank Century di cekal selam 6 bulan terhitung sejak jumat (21/11) oleh Direktorat Imigrasi setelah pengambialihan Bank Century oleh BI melalui LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Keputusan itu diambil setelah pada kamis (13/11) setelah century mengalami gagal kliring. Meski gubernur BI, Boediono menyatakan kondisi perbankan indonesia tetap stabil rumur yang beredar menyebutkan bank Century tidak hanya gagal kliring tapi juga mengalami kesulitan likuiditas. Oleh karena ituBI didesak untuk menutupi kondisi perbankan.
2. Dalam pertemuan para pengurus Kadinda (kamar dagang indonesia daerah) kabupaten dan kota se kal-sel, sabtu (22/11) terungkap bahwa banyak perausahaan yang dalam waktu dekat akan melakukan PHK karywannya yang bekerja di berbagai industri di daerah ini, salah satu sektor yang rentan adalah perkayuan, bahkan kabarnya akan mem PHK 50% karyawannya. Ini dikarenakan volume penjualan kayu lapis dari kal-sel ke taiwan merosot. Negara tujuan komoditas dagang industri kayu lapis di kalsel memang masih sangat tergantung pada pembeli dari Amerika.
3. 3 perusahaan tambang bijih besi di kabupaten waringin Timur kalteng ikut terimbas krisis global. Akibatnya produksi tambang ini nturun drastis dari 200ribu ton/ bulan menjadi 80 ribu ton. Pengurangan produksi tambang ini disebabkan sepinya order. Harga jual pasir puya turun drastis karena perusahaan tempat menampung produksi menahan membeli pasir tersebut. Beberapa penambang pasir puya, memilih balik profesi menjadi petani, pencari ikan/ buruh serabutan.

3. Pendidikan
Senin, 17 November
Kompas:
Bpost:
• PGRI Pilih Parpol Peduli Pendidikan

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyerukan agar guru, siswa, dan masyarakat memilih partai politik dan pemimpin pada Pemilu 2009 yang peduli pendidikan. Dengan komitmen yang kuat pada pendidikan, kemajuan dan kesejahteraan bangsa diharapkan bisa segera terwujud.
Para guru negeri dan swasta yang tergabung di PGRI tidak mendukung parpol atau pemimpin tertentu. Setiap guru bebas memilih. Tetapi PGRI menyerukan mulai dari sekarang supaya guru yang bisa mempengaruhi siswa dan masyarakat mendukung parpol dan pemimpin yang mau memajukan pendidikan di negara ini.
Prioritas pada pendidikan, baik dari segi anggaran maupun kebijakan nasional, tidak bisa dilakukan setengah hati. Karena itu, mereka yang menujukkan komitmen untuk memajukan pendidikan di Tanah Air harus didukung semua orang, termasuk guru.

Selasa, 18 Nov 08
Kompas:
• Sekolah swasta ragu angkat guru tetap karena mempunyai konsekuensi pada system penggajian yang harus dibayarkan, padahal tidak semua sekolah swasta kaya. Disisi lain pendidik membutuhkan status guru tetap agar bisa mendapat tunjangan dari pemerintah. Hanya 419 paten Perguruan Tinggi selama 23 tahun, padahal Indonesia memiliki sekitar 2.800 PT yang potensial menghasilkan hasil karya penelitian.

Bpost:
Rabu, 19 Nov 08
Kompas:
• Jakarta, 440.000 guru honorer tak jelas nasibnya

Bpost:
Kamis, 20 Nov 08
Kompas:
Bpost:
Jumat, 21 Nov 08
Kompas:
Bpost:
Sabtu, 22 Nov 08
Kompas:
Bpost:
Minggu, 23 nov 08
Kompas:
Bpost:
4. Luneg
Senin, 17 November
Kompas:
• Pemerintah mesir meminta hamas dan Israel menahan diri untuk menyelamatkan kesepahaman gencatan senjata di jalur Gaza yang dicapai dengan sponsor mesir pada 19 Juni. Mesir mengimbau pula agar ekuatan regional internasional turt menggunakan pengaruhnya untuk menekan Israel dan hamas serta faksi Pelestina lainnya bersedia menghentikan saling menembakkan rudal yang terus berlangsung hingga sekarang ini.
• Perbedaan AS-UE terlihat jelas
Washington, para pemimpin dunia yang bertemu di Washington akhir peka ini dengan jelas memperlihatkan sedut pandang yang berbeda antara presiden AS George W Bush dan sejumlah pemimpin Uni Eropa. Naum hal itu terbungkus dalam kesepakatan G-20 yang memperlihatkan semua Negara sepakat melakukan aksi nyata untuk mengatasi gejolak ekonomi dunia. Enam ha pokok yang ditargetkan seperti meregulasi pasar modal yang dianggap menjadi bibit krisis, meningkatkan transparansi dan melakukan reformasi pada praktik kompensasi. Mereka juga harus mendata institusi keuangan yang kolaps karena goncangan system financial global.
• Obama ikuti cara Lincoln, “musuh pu dirangkul”. Ia menggandenga mantan rival-rivalnya menjadi anggota dalam pemerintahannya. Obama mempertimbangkan Hillary Clinton untuk jabatan menlu
• Memburuk, situasi warga RD Kongo.
Kinshasa, akibat pertikaian sengit yang terjadi antara tentara Republik Demokratik Kongo yang didukung milisi dan kelompok pemberontak suku Tsutsi waga terjebak. Akses bantuan kemanusiaan PBB tertutup. Nasib 25.000 pengungsi semakin mengkhawatirkan karena semakin sulit dicari.
Bpost:
Selasa, 18 Nov 08
Kompas:
• Badai Tropis Noul dengan kecepatanangin 88 km per jam menerjang wilayah Vietnam Tengah dan mendarat di Pantai Nha Trang dan Mui Ne senin 17/11 sore. Noul yang diperkirakan akan melewati kawsan padat penduduk delta Mekong dikhawatirkan akan menimbulkan banjir bandang dan tanah longsor.
• Singapura, PM Singapura Lee Hsien Loong senin 17/11 menegakan Negara kota itu tetap lebih baik hanya memiliki satu partai dominan. Hal itu disampaikan pada sebuah konferensi Partai Aksi Rakyat (PAP) yang telah memerintah Negara itu sejak 1959. PAP menguasai hampir semua dari parlemen yang beranggota 84 kursi. Hanya dua kursi dikuasai non-PAP.
• Obama bangun kembali moralitas
Dalam wawancara pertamapasca pemilu di stasiun tv CBS dalam acara 60 minutes minggu 16/11 malam waktu setempat Obama menampilkan kebijakan luar negeri yang lain sama sekali dengan kebijakan presiden George W.Bush. “saya akan segera memanggil kepala staf gabungan, aparat keamanan nasional dan kami akan mengeksekusi rencana untuk menarik pasukan dari Irak (kata Obama).
• Tentara AS segera ditarik dari Irak
Menteri luneg Irak Hoshiyar Zebari dan duta besar AS Ryan Crocker senin 17/11 di Baghdad Irrak menandatangani perjanjian pertahanan yang mengharuskan AS menarik semua pasukannya dari bumi Irak dalam waktu tiga tahun.
Bpost:
• Israel Bersiap serang Iran
Israel, melalui Angkatan Udaranya, menyatakan siap dengan opsi apapun terhadap Iran, termasuk serangan udara ke semua fasilitas nuklir Iran, demikian perwira AU Israel Mayor Jenderal Ido Nehushtan dalam wawancara dengan Mingguan Jerman, Der Spiegel edisi terbaru pekan ini.
Serangan militer ke fasilitas-fasilitas nuklir Iran yang kebanyakan terletak di bawah tanah. Teknologi modern hanya salah satu cara, tapi keunggulan terbesar Israel adalah para prajurit dan perwira. Israel itu negeri kecil. Asset terbesar adalah sumber daya manusia kami dan inilah yang akan dimanfaatkan oleh Angkatan Udara.

Untuk melindungi dari serangan roket-roket jarak pendek milik Hamas dan Hisbullah, kami tengah membangun sistem "Kubah Besi. (Dan) untuk menjawab ancaman roket-roket jarak menengah, kami sedang mengembangkan sistem pertahanan udara yang kami namakan "Ketapel Iblis," terangnya.
Israel tengah bersiap menyerang Iran jika negosiasi internasional mengenai denuklirisasi Iran tidak berhasil.

Rabu, 19 Nov 08
Kompas:
• Mexico City; dunia usaha swasta akan semakin dirangsang untuk memperbesar kontribusiny dalam menggerakkan perekonomian nasional. Terlebih lagi menghadapi krisis global sekarang ini, pemerintah terus mengupayakan usaha swasta tetap tumbuh didalam negeri, termasuk menjajaki kerjasama perdagangan dan investasi baru dengan mitra bisnis yang di luar negeri,
• Dubai, selasa. Komplotan perompak Somalia menguasai sebuah tanker raksasa Arab Saudi yang penuh muatan minyak bernilai US$ 100 juta, Minggu 16/11. Para perompak beraksi saat kapal berada sekitar 830 km tenggara Membasa, Kenya. Tempat ini jauh dari teluk Aden, lokasi sebagian aksi perompakan.
• Myanmar, aktivis dipenjara 65 tahun. Yaitu para aktivis prodemokrasi yang terdiri 4 orangmahasiswa, 2 anggota partai oposisi liga nasional untuk demokrasi, dan seorang mantan anggota partai oposisi.
• Para pemimpin AS agaknya masih gamang dengan tenggat tahun 2011 untuk penarikan seluruh pasukan AS dari Irak.
• Hongkong, selasa. Krisis semakin menekan perusahaan untuk memangkas jumlah pekerja agar dapat selamat dari terpaan krisis. Selain itu sector finansia, perusahaan di sector manufaktur pun harus memangkas jumlah karyawan. Gelombang PHK ini membuat pasar saham jatuh lagi.
• Menlu Israel yang juga ketua partai Kadima Tzivi Livni dalam rapat dengan fraksi partai kadima, senin (17/11) di Jerussalem, menegaskan gencatan senjata antara Israel dan Palestin berakhir. Ia menuduh hamas sebagai piahk yang bertanggungjawab atas berakhirnya gencatan senjata tsb.
Bpost:
• Obama Pilih Negro Jadi Jaksa Agung
Presiden-terpilih AS Barack Obama menunjuk Eric Holder untuk menjadi jaksa agung. Holder akan menjadi warga keturunan Afrika pertama untuk jabatan itu, media AS melaporkan Selasa seperti dilaporkan AFP.Holder pernah menjabat sebagai wakil jaksa agung di bawah mantan presiden Bill Clinton. Dia akan memimpin departemen. Holder yang merupakan wakil ketua bersama dengan Caroline Kennedy dalam proses pemilihan wakil presiden, adalah rekan alumnus Columbia University di New York.
• Tank-tank Israel Terobos Gaza
Beberapa tank Israel menerobos wilayah selatan Jalur Gaza dan disambut oleh tembakan mortir dari milisi Palestina. Kedatangan beberapa tank ini meningkatkan aksi kekerasan yang meretakkan gencatan senjata antara Hamas dan Israel.
Pasukan Israel dan Hamas terlibat gencatan senjata dalam 2 pekan terakhir setelah hampir 5 bulan situasi regional relatif tenang. Gencatan senjata yang dicapai pada 19 Juni lalu akan habis masa berlakunya bulan depan. Baik Israel maupun Hamas diperkirakan akan mendikte klausul yang lebih menguntungkan apabila kesepakatan gencatan senjata diperbaharui.

Beberapa tank Israel yang dikawal oleh buldoser dan jip militer menerobos hingga setengah kilometer wilayah Jalur Gaza. Ini merupakan manuver darat pertama yang dilancarkan oleh militer Israel dalam sepekan ini.

Tank-tank Israel itu tak merespon serangan bersenjata Palestina. Militer Israel menggambarkan aktivitas itu sebagai operasi rutin untuk menemukan bahan peledak dipagar perbatasan diselatan Jalur Gaza.

Kelompok milisi menembakkan mortir dan roket ke pasukan Israel. Namun, dua mortir yang ditembakkan ke pasukan Israel itu tak sampai menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan materi.

Sekitar 17 milisi tewas sejak gencatan senjata mulai tak dihiraukan. Sejak saat itu, menurut militer Israel, milisi telah menembakkan 140 roket dan mortir ke wilayah Israel.
• Hillary Bakal terima Jabatan Menlu
Hillary Clinton dikabarkan akan menerima tawaran Presiden AS terpilih Barack Obama, menjadi Menteri Luar Negeri AS.
Para penasihat Obama telah meneliti yayasan Bill Clinton, yang menyalurkan jutaan USD ke Afrika untuk membantu pembangunan disana. Penelitian ini dimaksudkan untuk memastikan tak ada konflik kepentingan bila Hillary menjabat sebagai Menlu AS.
Mantan Ibu Negara ini dinilai pilihan yang tepat untuk menjabat posisi Menlu menggantikan Condoleezza Rice. Sejak terpilih sebagai Senator New York, Hillary telah lebih khusus pada isu-isu hubungan luar negeri dan pertahanan. Meskipun dia mendukung perang di Irak, tapi dia dan Obama pada dasarnya setuju untuk menarik pasukan AS dari Irak.
Sebagai bagian dari membangun koalisi, hari ini Obama juga mendekati mantan penantangnya di pemilu lalu, John McCain, untuk berdiskusi bagaimana keduanya bisa bekerjasama untuk memperbaiki beberapa keputusan kontroversi pemerintahan Presiden George W.Bush.
• Pasukan PBB Bentrok Dengan Milisi Kongo
Pasukan PBB hari Rabu melepaskan tembakan ke arah milisi pro-pemerintah Republik Demokratis Kongo (DRC) yang menyerang mereka di wilayah timur yang dilanda kerusuhan, kata misi PBB.Gerilyawan menembaki dua kendaraan lapis baja PBB. Namun, milisi itu menuduh pasukan penjaga perdamaian yang memulai penembakan.

Bentrokan itu terjadi ketika pemberontak yang dipimpin Laurent Nkunda menarik diri dari sejumlah distrik di provinsi Nord-Kivu, dimana pemberontakan baru terhadap pemerintah meningkat dalam beberapa pekan terakhir ini. Namun, kelompok pemberontak itu tetap melakukan penekanan terhadap Goma, ibukota provinsi tersebut.

Pasukan PBB dan milisi pro-pemerintah Mai-Mai terlibat dalam tembak-menembak di sebuah pasar di Kibututu, sekitar 80 kilometer sebelah utara Goma. Seorang jurubicara Mai-Mai, Didier Bitaki, menuduh pasukan penjaga perdamaian yang memulai penembakan.
Kongres Nasional bagi Pertahanan Rakyat (CNDP) pimpinan Nkunda, yang menyatakan menarik diri dari zona-zona itu dalam upaya mendorong upaya perdamaian yang dilakukan utusan PBB, menuduh militer pemerintah bersiap-siap masuk ke zona-zona yang ditinggalkan itu.Kamis, 20 Nov 08
Kompas:
• Fregat India tembak perompak
New Delhi, sebuah kapal perang milik AL India berhasil meneggelamkan kapal cepat yang digunakan perompak di lepas pantai Somalia. Peritiwa ini terjadi satu hari setelah perompak menguasai tanker raksasa Sirius Star bermuatan 2 juta barrel minyak mentah. Menurut Biro maritime Internasional (IMB), sejak januari 2008 hampir 100 kapal dagang dan tanker dirompak.
Pembajakan
tanggal Nama kapal Jenis Bendera
18 Nov

15 Nov
14 Nov
12 Nov
10 Nov
7 Nov
29 Okt
15 Okt
10 Okt
26 Sept
25 Sept
21 Sept
18 Sept
18 Sept
MV ekawatnava 5
MV delight
MV cemstra venus
MV Sirius Star
MV karagol
MV stolt Strengthnius
MV CEC future
MV Yasa neslihan
MV African Sanderling
MV Genius
MV faina
MV captain stefanus
MV great creation
MV action MV g
MV centauri
Kapal ikan
Pengangkut barang
Tanker bahan kimia
Pengangkut minyak
Bahan kimia /produk
Tanker bahan kimai
Pengangkut barang
Pengangkut barang
Pengangkut barang
Pengangkut minyak
Tanker
Kapal barang
Kapal barang
Bahan kimia/produk
Tanker bahan kimia
Kiribati
Hongkong
Panama
Liberia
Turki
Filipina
Bahama
Turki
Panama
-
Yunani
Belize
Yunani
Hongkong
Yunani
• Israel tetap memblokir jalur Gaza. PBB menyatakan pemblokiran Israel itu bias menimbulkan krisis kemanusiaan. Sekitar 1,5 juta warga jalur gaza sangat bergantung pada bantuan PBB. Olmert menegaskan memburuknya kondisi masyarakat di gaza tu bukan salah Israel. Sebagaimana penguasa didaerah gaza, Hamas yang harus bertanggungjawab.
• Pemerintah Meksiko menetapkan program mengikat terkait perubahan iklim yang akan dicanangkan awal tahun depan. Karena sifatnya mengikat, maka program tersebut harus dijalankan semua departemen terkait. Demikian diungkapkan direktur politik mengenadi Adaptasi terhadap perubahan iklim, Celia Pigueron wirz di Meksiko City.

Bpost:
• Al Qaeda Ingatkan Obama
Orang kedua jaringan Al-Qaeda, Ayman Zawahiri, memperingatkan presiden terpilih AS Barack Obama mengenai rencananya mengirim pasukan lebih lanjut ke Afghanistan.
Puluhan ribu prajurit koalisi pimpinan AS dan pasukan ISAF pimpinan NATO berada di Afghanistan untuk membantu pemerintah Presiden Hamid Karzai memerangi Taliban dan gerilyawan Al-Qaeda sekutu mereka.

Tahun ini Taliban meningkatkan serangan-serangannya di Afghanistan. Hampir 1.500 warga sipil termasuk diantara lebih dari 4.000 orang yang tewas dalam konflik di Afghanistan sepanjang tahun ini.
Peningkatan jumlah korban akibat kekerasan yang dilakukan Taliban di Afghanistan telah membuat sejumlah negara berencana melakukan pengurangan atau penarikan pasukan yang tergabung dalam ISAF pimpinan NATO.

Taliban, yang memerintah Afghanistan sejak 1996, mengobarkan pemberontakan sejak digulingkan dari kekuasaan di negara itu oleh invasi pimpinan AS pada 2001 karena menolak menyerahkan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden, yang bertanggung jawab atas serangan-serangan di wilayah Amerika yang menewaskan sekitar 3.000 orang pada 11 September 2001.

• AS “Ngemis” Ke Negara Teluk
Amerika Serikat meminta bantuan dana sebesar 300 miliar dollar AS ke empat negara di kawasan Teluk, sebagai upaya menolong perekomian negeri Uwak Sam itu dari jurang resesi. Washington berharap Arab Saudi memberikan 120 miliar dollar AS, Uni Emirate Arab 70 miliar dollar AS, Qatar 60 miliar dollar AS dan 40 miliar dollar AS lagi dari Kuwait.

Disebutkannya, Washington akan menggunakan dana itu untuk menolong industri otomotif, perbankan dan perusaaan lain yang terkena dampak gejolak finansial.

Keempat negara anggota OPEC tersebut, diperkirakan telah meraup 1,5 triliun dollar AS dalam enam tahun ini, dari minyak mentah yang harganya sempat menyentuh 147 dollar AS per barerl pada Juli 2008 lalu.

Total produksi dari keempat negara itu menghasilkan 14 juta barrel per hari, atau hampir setengahnya dari total produksi OPEC dan sekitar 17 persen dari produksi dunia.

Jumat, 21 Nov 08
Kompas:
1. Rusia menembah kekuatan Armada di sekitar Teluk Aden untuk mengatasi prompakan yang dilakukan kelompok-kelompok bersenjata somalia. Rusia mengusulkan penyerangan bersama ke basis-basis perompak. Menurut ketua komisi Uni Afrika, Jean Ping, aksi perompak diperburuk oleh perseteruan polisi somalia. Negara-negara Arab yang berkepentingan dengan L. merah, kamis (20/11), melakukan pertemuan darurat di Kairo, Mesir untuk mendiskusikan anc. Perompak di lepas pantai Somalia yang semakin menghawatirkan.
2. APEC mengeluarkan seruan perluny sebuah upaya bersama guna mengatasi krisis ekonomi global. APEC dalam pertemuan di lima, Peru juga menyerukan agar dihidupkan kembali pembicaraan dunia perdagangan yang mandek.
3. Jordania minta Israel menahan diri dan tidak menyerang wilayah jalur gaza. Israel memiliki hubungan diplomatik penuh dengan Jordania sejak 1994. namun banyak pertemuan tingkat tinggi yang tak diumumkan kepada publik untuk alasan keamanan.
4. Pemerintah Cina dilaporkan mengizinkan media massa di negara itu memberitakan berbagai kejadian menyangkut aksi protes tanah, bumi dan investasi di cina. Langkah ini untuk mengurangi berkembangnya spekulasi buruk karena pemberitaan tidak resmi.
5. Dirjen organisasi perdagangan dunia (WTO) pascal lamanya segera mengadakan pertemuan Menkeu untuk membahas putaran Doha. Pertemuan itu bertujuan mencegah proteksionisme yang didorong para pelobi dengan mendompleng isu krisis global.

Bpost:
Sabtu, 22 Nov 08
Kompas:
Bpost:
Minggu, 23 nov 08
Kompas:
1. APEC
a. serangkaian diskusi panel dilakukan di lima ibu kota peru (21/11)
b. presiden Peru Alan Garcia “para pebisnis harus tetap berupaya mencari alternatif keluar dari problematik. Ia mengingatkan, wilayah APEC begitu luas dan kaya dan praktis menjadi pusat pertumbuhan dunia.
2. Bush menyerukan agar anggota APEC menciptakan: 1) pasar bebas. 2) perdagangan bebas. 3) masyarakat yang bebas. “ pada abad ke 21, peranan negara berkembang semakin penting serta mereka harus makin dilibatkan, dan AS juga menentang praktik proteksionistik” ujar bush. washington, sabtu. Raksasa otomotif nomor satu dunia, general motors (GM), yang pada september lalu berusia 100 tahun, sedang mempertimbangkan diri menyatakan bangkrut. Pilihan bangkrut ini berkenaan dengan kesulitan likuiditas yang sedang di alami GM akibat krisis keuangan yang melanda AS dan dunia.

Bpost:
a. Iran memvonis mati Ali Ashtari (45Tahun) karena dinyatakn bersalah telah menjadi mata0mata Israel dan memberikan info tentang militer dan pusat penelitian serta pertahanan Iran kepada intelijejn Israel, Mossad, selam 3 tahun.
b. Ditengah krisis dunia, sebuah pesta mewah menandai launching pembukaan hotel mewah (hotel Atlantis) kamis(20/11) di Dubai pesta ini menghabiskan 20 juta dollar AS/ sekitar Rp 235 M dalam semalam.

5. Pemilu
Senin, 17 November
Kompas:
• “Swing Voter” menjadi penentu
Pemenang pemilu 2009 bakal ditentukan swing voter atau pemilih yang tidak terikat pada sebuah partai politik dalam kurun waktu lama. Peta kekuatan parpol di lapisan atas juga cenderung berubah dan pemenang pemilu sulit diperkirakan karena sebagian besar pemilih bukan partisipan pada parpol tertentu. Temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI), pemilih yang mudah berubah pilihan ini mencapai 34% pada tujuh parpol besar pada rentang tahun terakhir.

Bpost:
• PKS Minta Polemik Iklan Diakhiri
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring, meminta polemik soal iklan PKS tidak diperpanjang.
Iklan yang dipasang PKS guna memperingati Hari Pahlawan, semangatnya untuk menyatukan antargenerasi Bangsa Indonesia yang tampak kurang solid. Antargenerasi Bangsa Indonesia tidak seluruhnya solid. Kadang masih ada yang saling mengecam. Melalui iklan tersebut semangatnya untuk menyatukan antargenerasi dan menjadikan seluruh Bangsa Indonsia sebagai satu kesatuan yang solid, tidak ada dendam antar generasi.

Terkait adanya permintaan agar iklan tersebut tidak ditayangkan lagi, Tifatul menyatakan, memang iklan sudah tidak ditayangkan lagi. PKS hanya memasang iklan tersebut pada 9-11 November, untuk memperingati Hari Pahlawan. Namun diluar dugaan, reaksi terhadap tayangan iklan tersebut cukup banyak.

Selasa, 18 Nov 08
Kompas:
• Beberapa pejabat BUMN yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPR terancam gagal karena tak lengkapi surat undur diri.
• Ical Bantu dana Kampanye
Ketua umum DPP partai Golkar, M.Jusuf kalla mengakui, saaat pemilihan presiden dan wapres 2004 pihaknya mendapat bantuan sumbangan dari Abu Rizal bakrie, yang kini menjadi menkokesra.

Bpost:
Rabu, 19 Nov 08
Kompas:
Bpost:
Kamis, 20 Nov 08
Kompas:
• Delapan Pimred media cetak mempersoalkan pengaturan ikan kampanye parpol peserta pemilu di media cetak dan lembaga penyiaran yang terdapat dalam UU No 10 tahun 2008. Mereka menilai ketentuan tersebut tidak jelas aturan pelaksanaannnya dan merugikan hak konstitusional pemohon.
• Suara terbanyak hanya akal-akalan terhadap caleg perempuan. Dengan system suara terbanyak perempuan hanya dijadikan alat politik. Demikian disampaikan Koordinator Pokja Keterwakilan Perempuan kemitraan Masruchah dalam jumpa pers di KPU rabu (19/11). Ada tiga parpol yang telah meyatakan akan menggunakan suar terbanyak yaitu partai Golkar, PAN,dan partai democrat. Data di KPU menyebutkan dari ketiga parpol itu ada 84 perempuan yangmenempati nomor urut 1. Selain tia parpol tersbut, PDI-P, PKS, PPP dan PKB menggunakan nomor urut, ada 94 perempuan yang berada di no. urut 1 dan 2.
• KPU Jawa Barat meminta bantuan dana APBD
Bandung, KPU privinsi JaBar meminta bantuan dana dari APBD JaBar sebesar Rp. 8 M. Rp. 5,4 M akan digunakan untuk belanja rutin. Sisanya Rp. 3 M untuk biaya kegiatan. Belanja rutin meliputi honorarium, belanja barang dan jasa, biaya perjalanan dinas, p[emeliharaan barang, pos lain terkait operasionalisasi. Sedangkan belanja kegiatan meliputi segala biaya diluar kebutuhan operasional sehari-hari KPU jabar yang tidak didanani dari pusat.

Bpost:
Jumat, 21 Nov 08
Kompas:
Bpost:
Sabtu, 22 Nov 08
Kompas:
1. tidak adanya tindak lanjut dari KPU dan Panwaslu terhadap kasus-kasus pelanggaran pilkada menimbulkan apatisme publik bahwa pemilu yang dilakukan mampu membawa perubahan. Dari 33 pilkada gub. Dan 460 pilkada kabupaten /kota 2005-2008, partisipasi pemilih terus menurun. Kecendrungan penurunan partisipasi pemilih itu disebabkan kurangnya sosialisasi dari penyelenggara pemilu maupun partai pendukung pragmatisme masyarakat, serta apatisme masyarakat karena calon yang ada dinilai tidak mampu memenuhi aspirasi mereka.

Bpost:
• Penambang Terbuka stop di Pramasan
Sebagai kawasan kaya hasil tambang seperti bijih besi dan mangan, Kecamatan Paramasan dikhawatirkan menjadi kawasan tambang yang bisa berdampak para kerusakan lingkungan. Apalagi peraturan pemerintah juga merestui kawasan hutan 'disulap' menjadi lokasi penambangan.
Dengan luas kawasan hutan mencapai 50.872 hektar di Paramasan, apa Pemkab Banjar tega menyewakan kawasan hutan untuk keperluan lain termasuk penambangan terbuka.
Dishut Banjar sendiri tidak memiliki data luas kawasan hutan lindung yang ada di Kecamatan Paramasan maupun Sungai Pinang. Namun secara keseluruhan luas kawasan hutan lindung di Kabupaten Banjar 457.657 hektar tersebar di sejumlah kecamatan. Begitu pula data luas kawasan hutan yang sudah beralihfungsi menjadi kawasan tambang. Luas kawasan hutan di Paramasan sekitar 50.872 hektar sedangkan yang berstatus hutan lindung luasnya kita belum punya.
Kalangan Walhi sendiri menilai sudah banyak fakta yang menunjukkan tidak signifikannya eksploitasi sumber daya alam seperti pertambangan bagi kesejahteraraan masyarakat terutama masyarakat lokal.
Seharusnya sebagai daerah yang kaya sumber daya alam masyarakat bisa merasakan dampak positifnya bukan sebaliknya harus menerima berbagai kerusakan lingkungan. Mulai dari longsor, banjir sampai konflik sosial lainnya.

Minggu, 23 nov 08
Kompas:
Bpost:
6. Lain-lain
Senin, 17 November
Kompas:
• Pangalengan, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) mini milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi berhasil diuji coba di lokasi sumur injeksi panas bumi Wayang Windu, Bandung JaBar. Penerapan teknologi ini berpotensi menggantikan ratusan generator diesel berbahan bakar solar yang ditempatkan PLN di berbagai daerah terisolasi di tanah air. Kapasitas generator diesel yang bias digantikan panas bumi ini mencapai 300 juta watt.
• Protes plagiat, kepala litbang BMKG mundur.
Mengetahui karya ilmiahnya dimanipulasi dan tandatangannya dipalsukan, Prof.Dr. Meezak Arnold Ratag selaku kepala Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya dan keluar dari BMKG sejak jumat (14/11)
• Indonesia meraih empat penghargaan
Setelah mengikuti ajang Asia Pacific Information and Communication Technology Award (APICTA) yang merupaka perlombaan bergengsi untuk bidang teknologi informasi dan komunikasi di kawasan asia pasifik Indonesia berhasil merebut tiga penghargaan utama dan satu kategori merit. Ketiga pemenang adalah Pixel People Project Research and design (untuk ibatik open search Software), PT dama Persada (untuk xirka wimax baseband processor) dan PT Sqifa Reservation and Distribution system V2. Sedangkan kategori merit adalah SMA 4 denpasar denga karya peradnya Stegnagraphy.
• Madiun, ratusan perangkat desa dari emapat kabupaten yaitu madiun, Ponorogo, magetan dan Ngawi secara bersama-sama berangkat ke Jakarta minggu (16/11) mereka tergabung dalam Persatuan rakyat desa (parade) nusantara dan akan berubjuk rasa pada Senin (17/11) pagi didepan gedung MPR/DPR. Dua agenda yang dibawa adalah menuntut segera disahkannya UU tentang desa dan mengalokasikan 10% dari APBN untuk desa. Selain itu masa jabatan 10 tahun dan usia pension 60 tahun juga harus dimasukkan dalam UU tersebut.
• Revitalisasi KA tanpa arah
Dalam seminar “revitalization of Indonesia railway sector“ Oktober 2008, Dirjen Perkeretaapian Wendy Aritenang menjelaskan pembagian revitalisasi 2008-2010 dalam dua program yaitu infrastruktur dan pengadaan sarana. Program infrastruktur terdiri dari rehabilitasi rel (1.369 km), pengoperasian kembali jalur rel non aktif (187 km), pembangunan rel ganda (388 km), listrik aliran atas (132 km), persinyalan (85 paket) dan rehabilitasi jembatan(150 paket). Sementara, pengadaan sarana adalah kereta rel listrik (176 unit), kereta ekonomi (180 unit), kereta rel diesel (48 unit), lokomotif (87 unit) dan gerbong barang (500 unit). Untuk merealisasikannya pemerintah menetapkan dana Rp. 19 T dalam tiga tahun.
Anggota DPR Enggartiasto Lukita da pengamat KA Taufik Hidayat sama-sama menyatakan bahwa revitalisasi KA tanpa arah. Harusnya ada target posisi perkeretaapian usai revitalisasi. Kketua masyarakat pencinta KA juga menilai program revitalisasi KA yang digulirkan tak punya kejelasan arah. Sulit membangkitkan peran KA untuk mengurangi ketergantungan terhadap angkutan jalan raya yang memboroskan bahan bakar minyak.

Bpost:
• Pabrik Biodiesel Kotabaru Terancam
Pabrik biodesel bantuan dari Kementrian Riset dan Teknologi senilai Rp16 milliar di Kotabaru, Kalimantan Selatan, terancam tidak dapat dioperasikan tahun 2008.
Pasalnya, pabrik yang direncanakan dapat memproduksi bahan bakar pengganti solar sebesar 6 ton per hari tersebut, hingga saat ini belum mendapatkan aliran listrik untuk operasional pabrik.
Dana untuk pemasangan listrik telah dialokasikan pada perubahan anggaran, namun pesimis dapat dilaksanakan karena waktunya hanya tersisa 45 hari, dan itu tidak dapat dilaksanakan.
Untuk pemasangan listrik dan pembangunan tempat lomba pabrik biodesel, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana sekitar Rp310 juta pada perubahan anggaran 2008.
Dijelaskan, untuk menghasilkan biodesel pengganti BBM yang dihasilkan dari minyak mentah tersebut, diperlukan bahan baku minyak sawit mentah (CPO) kualitas rendah dengan campuran metanol, katalis dan gliserin.
• Ulama Iran : AS Berhentilah Sombong
Ulama tinggi Iran mengingatkan bahwa teriakan "Matilah Amerika Serikat" akan tetap ramai di Iran selama AS sombong kepada Iran.Slogan kebencian rakyat yaitu matilah Amerika, akan tetap tetap terdengar. Ulama tersebut juga mengimbau presiden-terpilih AS Barack Obama agar tidak mengikuti jejak George W Bush.

Empat hari sebelumnya, menteri luar negeri Iran Hassan Ghashghavi mengatakan pihaknya memperkirakan kebijakan Washington terhadap Teheran tidak akan banyak berubah setelah Obama masuk Gedung Putih.
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad segera memberi ucapan selamat kepada Obama setelah menang pada Pilpres 4 November. Langkah yang sebelumnya tidak pernah terjadi itu dilakukan setelah lebih dari tiga dasawarsa kedua negara tidak punya hubungan diplomatik.

• 555 Tentara AS Tewas di Afganistan
Menurut laporan Departemen Pertahanan AS, hingga Sabtu (15/11), sedikitnya 555 anggota militer AS tewas di Afghanistan, Pakistan dan Uzbekistan. Kematian para serdadu AS itu sebagai dampak dari invasi AS ke Afghanistan pada akhir 2001. Dari jumlah itu, 403 personel tewas akibat terlibat dalam bentrok senjata dan 3 orang tewas dalam pertempuran.

• SBY Cueki Kasus Tragedi Semanggi
Meski telah 10 tahun berlalu tanpa kejelasan, keluarga korban tragedi Semanggi masih memiliki asa dan tak pernah patah arang untuk menuntut penuntasan kasus ini.
Sri Sumiarsih ibu dari almarhum Bernadus Realino Norma Wirawan, mahasiswa Unika Atma Jaya yang tewas dalam Tragedi Semanggi tetap semangat untuk menyuarakan keadilan bagi putranya dan korban pelanggaran HAM lainnya.

Rekomendasi Komnas HAM yang menyatakan kasus Semanggi ini sebagai pelanggaran berat tak kunjung ditanggapi oleh Kejaksaan Agung dengan upaya penyidikan. Bahkan meski MK telah memutuskan kasus Semanggi menjadi tanggung jawab Kejagung, institusi ini nampaknya masih ogah-ogahan untuk menindaklanjuti.

Sebagaimana diketahui tragedi yang menewaskan belasan orang ini macet di Gedung Dewan. Puncaknya ketika Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI memveto rekomendasi pengungkapan tragedi berdarah ini melalui pengadilan HAM Ad Hoc. Semestinya presiden bisa mendesak Kejagung untuk melakukan upaya penyidikan kasus ini, namun sepertinya ia (presiden) cuek tidak melakukan upaya.
• Jiplak Situs Kampanye Obama
Sukses Obama telah menjadi inspirasi bagi setiap orang, termasuk Benyamin Netanyahu pemimpin Partai Konservatif Likuid di Israel yang akan bertarung dipemilihan perdana menteri.
• Warga Keberatan Blasting Tambang
Pelaihari. Penambangan dengan cara peledakan yang akan dilakukan PT Surya Sakti Darma Kencana (SSDK) menuai reaksi kalangan pecinta alam. Sistem penambangan menggunakan alat berat saja lingkungan di sekitar tambang belum bisa dipulihkan dengan reklamasi, apalagi melalui cara blasting.. Menurut Dokumen Amdal PT SSDK blasting akan dilakukan selama dua tahun setengah. Peledakan dilakukan setiap dua hari sekali. Bahan peledak diperoleh dari PT Dahana Persero Tasikmalaya, Jawa Barat. Pengangkutan kelokasi tambang (KW 90 TEW I di wilayah Desa Bukit Mulia Kintap) dilakukan melalui jalur jalur laut di pelabuhan khusus SSDK, Kintap. Volume OB (lapisan atas penutup batu bara) yang akan diledakkan 12.213.750 BCM. Sekitar 100 hektar
• Dewan Bentuk Pansus Alih Fungsi Kelapa Sawit
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tabalong membentuk panitia khusus terkait alih fungsi lahan kebun kelapa sawit milik PT Cakung Pertama Nusa (CPN) di Desa Kasiau Kec. Murung Pudak menjadi pertambangan batu bara. Wacana membentuk pansus menyikapi upaya pemindahan investasi lahan antara PT Cakung Pertama Nusa (CPN) dengan PT Adaro Indonesia, hal ini terjadi diduga karena ketidakberesan perijinan alih fungsi lahan tersebut.
Dari 5500 hektar lahan produktif PT Cakung Pertama Nusa (CPN), 640 hektar sudah dipindah tangankan kepada PT Adaro Indonesia. Perusahaan PMA itu akan menjadikan lahan tersebut untuk pembuanga limbah tambang.

Selasa, 18 Nov 08
Kompas:
• Sulteng dan Gorontalo diguncang gempa
Gempa berkekuatan 7,7 SR, senin 16 Nov 2008 pukul 01.02 di laut Sulawesi memorakporandakan ratusan rumah dan fasilitas umum termsuk sekolah di Kabupaten Biol, Provinsi SulTeng serta kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Empat orang dilaporkan tewas dan lebih dari 500 rumah rusak parah.
• TKI mengaku dianiaya 8 bulan di Arab Saudi
• Bentrok fisik antara mahasiswa FH Universitas Negeri Nusacendana dan mahasiswa politeknik pertanian negeri kupang di Kupang, NTT. Senin (17/11) menyebabkan 1 orang tewas dan 9 orang luka-luka. Peristiwa itu berawal dari saling ejek
• Panglima TNI Djoko Santoso senin 17/11 melepas 1136 prajurit dalam misi pasukan penjaga di Lebanon (united Nation Interim Force in Lebanon/UNIFIL)
• Perangkat desa yang Tergabung dalam Persatuan Rakyat Desa Nusantara atau Parade Nusantara meminta minta alokasi dana sebesar 10 % dari APBN.dengan total asumsi dana APBN 2009 mencapai Rp.1037 Triliun sekitar 70.000 desa diseluruh Indonesia akan mendapatkan alokasi dana desa sebesar Rp.1,3 Miliar per tahun per desa. Dana tersebut diyakini akan menumbuhkan ekonomi pedesaan yang lebih kuat sebagai Fondasi ekonomi nasional.
• TNI AL tangkap 7 kapal asing di perairan Natuna. Satu kapal dari Thailand (KM. Sola 09), lima dari Vietnam (BV0260, BV 5689, BV 4758, BV 0809, BTH 1762), dan satu kapal dari Malaysia (TRF 576)
• Wapres JK memerintahkan kepolisian menangani kerusuhan yag terjadi diMess karyawan dan kontraktor PLTU Teluk Naga. Akibat kerusuhan sebanyak 14 kamar mes pekerja, 7 mobil proyek, 3 alat berat dan satu sepeda motor rusak. Massa juga menjarah laptop, kompuer, tv dan barang berharga. PLTU III Banten di Teluk Naga yang akan dibangun dengan kekuatan 3 x 315 MW merupakan bagian dari system proyek pembangkit listrik 10.000 MW PLN. Investasi yang diperlukan sebesar 547 juta US $ dan akan memasok kebutuhan Jawa-Bali.
• Pemprov Usulkan Rp100 Milyar

Bangun jalan Trans Kalimantan, Gubernur Kalsel mengusulkan kepada pemerintah pusat agar menmbah dana untuk anggaran pembangunan jalan Trans Kalimantan sebesar Rp100 milyar. Usulan ini dilakukan karena tahapan pembangunan diluar rencana. Jalan Trans Kalimantan merupakan jalan Negara yang pentinmg kedudukannya bagi pertumbuhan dan perkembangan daerah, tapi bila tahun depan ada dampak krisis terhadap keuangan Negara pemotongan alokasi dana tidak dapat dicegah.

Bpost:
• Pasukan AS Bertahan Hingga 2011
Kabinet Irak, menyetujui perjanjian yang akan mengizinkan pasukan AS tetap berada di negara itu sampai tahun 2011. Keputusan ini diambil setelah pembicaraan dengan AS sejak sebulan lalu.
Sementara itu Menteri Luar Negeri Irak, Hoshiyar Zebari mengatakan kesepakatan ini diharapkan bisa disetujui parlemen November ini, sebagai langkah terakhir berlakunya kesepakatan ini.
Kesepakatan ini akan membuat tentara AS akan mulai ditarik dari jalan-jalan kota dan desa-desa di Irak pertengahan tahun depan. Diharapkan seluruh pasukan AS akan meninggalkan Irak akhir tahun 2011. Pasukan AS yang akan ditempatkan di Irak setelah itu akan berada dibawah wewenang pemerintah Irak untuk pertama kali, menggantikan mandat Dewan Keamanan PBB. AS kini memiliki sekitar 150 ribu tentara di Irak.
Ada kompromi-kompromi yang memuaskan pihak Irak. Sekarang kita memiliki satu perjanjian yang kita dapat pertahankan. Perjanjian itu akan disiarkan dan didistribusi dan semua kawasan di Irak akan mendapat salinan perjanjianm tersebut.

• Bush Puas Dengan Kadhafi
Presiden Amerika Serikat George W. Bush, Senin, menghubungi pemimpin Libya Moamer Kadhafi untuk membicarakan akhir dari "bab menyakitkan" antara dua negara khususnya pemboman pesawat PanAm tahun 1988 di atas Lockerbie, Skotlandia. Presiden (Bush) menghubungi pemimpin Libya Kolonel Kadhafi untuk menyampaikan rasa puas atas kesepakatan penyelesaian yang telah sepenuhnya terlaksana pada 31 Oktober.
Penyelesaian tersebut mengenai pembayaran sebesar 1,5 miliar dolar sebagai ganti rugi para korban aksi terorisme peledakan pesawat tersebut. Libya pada 31 Oktober membayar 1,5 miliar dolar kepada Amerika Serikat sebagai bagian dari kesepakatan yang merupakan proses terakhir menuju normalisasi penuh hubungan denganWashington.
AS akan meneruskan hubungan bilateral dengan Libya guna memantapkan dialog mengenai berbagai hal seperti HAM, reformasi, dan perjuangan melawan terorisme.
Anak Kadhafi yaitu Seif al-Islam akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice di Washington pada hari Selasa untuk acara pribadi namun sudah sangat biasa, jika ada sosok politik penting yang datang ke AS untuk berbagai keperluan, menteri luar negeri maupun pejabat lainnya akan bertemu dengan mereka.

Seif al-Islam tidak punya jabatan resmi di pemerintah Libya namun dia adalah ketua Yayasan Kadhafi. Yayasan tersebut memainkan peran penting dalam penyelesaian perdebatan dua negara itu mengenai ganti rugi untuk para korban terorisme.
• Presiden Yudhoyono Tiba di Brazil
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan, Selasa (18/11) dini hari pukul 03.00 waktu setempat tiba di Brasilia, ibukota Brazil untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya.
Usai pertemuan itu disiapkan Joint Declaration, kemitraan strategis Indonesia - Brazil, kesepakatan di bidang kerjasama keilmuan dan teknologi dan kesepakatan dalam pengurangan kemiskinan.
Rabu (19/11) Presiden akan pergi ke Ribeirao Preto untuk meninjau industri ethanol di negara tersebut dan menghadiri Pagelaran Budaya dalam rangka 55 tahun hubungan RI-Brazil di Monte Libano Clube, Ipanema, Rio de Janeiro.
Gen Kanguru Mirip Gen Manusia
• Kanguru Australia secara genetika serupa dengan manusia dan mungkin pertama kali berevolusi di China. Beberapa ilmuwan Australia, Selasa (18/11), mengatakan, mereka untuk pertama kali telah memetakan kode genetika hewan khas Australia tersebut dan mendapati kebanyakan gen itu serupa dengan gen manusia. Demikian keterangan Centre of Excellence for Kangaroo Genomics, lembaga yang didukung pemerintah.
Ada banyak potongan genome manusia yang berada tepat di dalam genome kanguru. Manusia dan kanguru terakhir memiliki nenek moyang yang sama setidaknya 150 juta tahun lalu, demikian temuan para peneliti tersebut, sementara tikus dan manusia berpisah satu sama lain hanya 70 juta tahun lalu.
Kanguru pertama kali berevolusi di China, tapi pindah melewati dataran Amerika ke Australia dan Antartika. "Kanguru adalah sumber informasi yang sangat besar mengenai seperti apa kita 150 juta tahun lalu.

Rabu, 19 Nov 08
Kompas:
• Badan narkotika nasional meminta perhatian serius kalangan ibu RT atas bahaya peredaran narkoba. Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus narkoba hingga 7x lipat secara nasional tercatat sekitar 2000 anak SD menjadi korban langsung peredaran narkoba.
• Separuh TKI di kuala lumpur (341 dari 630 orang tahun 2007) ternyata tidak dibayar oleh para majikan
Bpost:
Kamis, 20 Nov 08
Kompas:
Bpost:
• Polri Selidiki Komik Hina Nabi Muhammad
Mabes Polri langsung bertindak untuk menyelidiki komik yang menghina Nabi Muhammad SAW yang ditayangkan di internet. Tidak perlu menunggu laporan dari masyarakat.Tindakan proaktif yang cepat ini untuk mengantisipasi timbulnya gejolak dari masyarakat.
Komik yang menghina Nabi Muhammad dan umat Islam itu ditayangkan di salah satu blog di hosting wordpress.com itu berbahasa Indonesia. Ada dua judul cerita dalam komik yang banyak mengutip terjemahan ayat-ayat Al-Quran itu. Komik pertama dengan judul Muhammad dan Zainab dan Kartun Sex Muhammad dengan Budak.

Dalam cerita komik itu, menampilkan gambar-gambar yang mengumbar aurat wanita yang disebutnya Zainab. Gambar yang disebutnya Nabi Muhammad berwajah brewokan dan sudah tua. Dalam dialog komik itu jelas-jelas melecehkan Nabi Muhammad, yang sangat bernafsu melihat Zainab. Disitir juga beberapa ayat Al-Quran dan hadist untuk kemudian dipakai tidak semestinya.

Kutipan-kutipan Al-quran itu dan hadist dalam komik itu diplesetkan sedemikian rupa untuk menguatkan dialog yang menggambarkan Nabi Muhammad yang diagung-agungkan umat Islam itu tidak lebih sebagai tukang kawin dan tidak tahan melihat tubuh mulus wanita.
Penghinaan tidak hanya berhenti sampai di situ. Di antara dua judul komik itu, masih ada tulisan dan komentar, yang dengan gamblang menghina Nabi Muhamad dan umat Islam. Di bawah komik itu, masih ada tulisan panjang lebar yang juga tidak kalah pedasnya menyerang kehormatan umat Islam.
Jumat, 21 Nov 08
Kompas:
1. Pemprov DKI jakarta menutup 6 rumah makan ynag tergabung dalam grup bang-bang sulla karena menunjak pajak yang belum dibayar pengelola restoran makanan korea itu mencpai Rp 3,4 M.
2. bumi selalu dianggap berbentuk bulat dan mempunyai gravitasi yang sama diseluruh permukaannya. Kenyataannya tidak begitu karena massa diperut bumi mempunyai kerapatan yang heterogen. Maka terjadilah penyimpangan gaya gravitasi. Anomali itulah yang justru dicari para peburu minyak bumi dan para penambang.
3. sekjen Depag, Bahrul Hayat memberi peringatan kepada perusahaan ibadah haji khusus yang melantarkan jamaahnya di malaysia. Ia juga menegaskan setiap pelanggaran trhadap aturan pelayananan jamaah haji khusus pasti diberi sanksi.

Bpost:
• Enam Sukhoi Tiba Awal 2009
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Subandrio menyatakan enam pesawat tempur Sukhoi dari Rusia akan tiba di Indonesia awal 2009 mendatang.
Dengan adanya penambahan Sukhoi, diharapkan dapat meningkatkan layanan TNI AU di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu keberadaan Skadron Udara 11, Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin di Sulawesi Selatan telah memenuhi syarat sehingga tidak diragukan lagi sebagai pangkalan Sukhoi. Beberapa Lanud, termasuk Hasanuddin, masih menjadi pangkalan utama dalam mengawasi wilayah timur.
Sementara itu, menaggapi adanya pemangkasan anggaran TNI AU dalam pengadaan alat utama sistem siaga (Alutsista), Kasau meminta agar pemotongan anggaran tidak terjadi pada anggaran operasional dan pendidikan.
• Soal SNI, Kesadaran Pengusaha Rendah
Kesadaran para pengusaha untuk menerapkan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) masih rendah, tercatat baru 816 dari total 6.800 SNI digunakan pada produk Indonesia.
Sekarang ini baru 12 persen dari total 6.800 SNI yang kita miliki digunakan pengusaha. Ini sih sudah lumayan meningkat.

Sementara itu rendahnya kesadaran masyarakat akan standarisasi karena kurangnya informasi akan pentingnya standarisasi produk dan jasa. Daya beli boleh jadi menjadi salah satu penyebab lain rendahnya kesadaran masyarakat terhadap SNI.

• Kartu Kredit Harus Pake Chip
Mulai tahun 2009, Bank Indonesia (BI) pada 2009 akan mengeluarkan regulator baru bagi bank dalam menerbitkan kartu kredit. Nantinya, setiap kartu kredit harus menggunakan chip, tidak menggunakan magnetic stripe seperti yang ada sekarang.
Penggunaan chip pada kartu kredit lebih aman karena data-data yang ada didalamnya telah di-encript sehingga tidak mudah dicuri. Sebab, kejahatan yang selama ini terjadi pada kartu kredit adalah pencurian data untuk digunakan bertransaksi tanpa sepengetahuan pemiliknya.
Saat ini BI telah menginstruksikan kepada bank-bank untuk mengurangi dan membatasi penerbitan kartu kredit kepada nasabah dan mempercepat migrasi penggunaan kartu kredit menggunakan chip ini. Berdasarkan data yang dikeluarkan BI, jumlah pengguna kartu kredit saat ini mencapai 10 jutaan, bahkan untuk kartu debet dan ATM mencapai 35 jutaan. Selian kartu kredit, chip ini nantinya juga diberlakukan pada kartu debet dan kartu ATM.


Sabtu, 22 Nov 08
Kompas:
1. pembangunan prasarana KA lebih efisien daripada jalan beton, investasi membangun rel KA rata-rata 15 M, hanya 30% di biayai pembangunan jalan raya dari beton.
2. intensifikasi budidaya kopi tak berkembang. Petani cendrung melakukan ekstensifikasi ke lahan yang murah dan kerap memanfaatkan lahan bekas hutan karena daya tarik harga kopi dipasar global dan tekanan kehidupan sosial-ekonomi. Untuk itu pemerintah harus mendorong petani untuk berbudidaya kopi dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan. Para pengusaha meminta pemerintah untuk membantu mempromosikan kopi ke pasar dunia. Saat ini, ada 4 produsen utama kopi dunia, yaitu brasil, Vietnam, kolombia dan indonesia.
3. distributor dan pengecer resmi pupuk dikabupaten banyumas, Jateng sepakat untuk tidak menjual pupuk ure bersubsidi melebihi harga Rp67.000/ zak isi 50 kg. Kebutuhan pupuk diwilayah banyumas dan sekitarnya akan mencapai puncaknya bulan desember ini.
4. ikatan sarjana katolik (ISKA) dalam ultahnya ke 50 meluncurkan buku “peranan politik katolik” 1940-1980: menjadi 100% indonesia dan 100% katolik, di museum Misi murtilan, magelang, jateng, jumat (21/11). Untuk situasi saat ini disadari untuk berpolitik, umat katolik tidak harus mendirikan “partai katolik”. Menurut Dirjen Bina Masyarakat Bina Katolik Depag, Stevanus Agus, partai katolik dulu lahir karena situasi dan tuntutan zaman. Ditengah banyaknya parpol dengan alirannya masing-masing, umat katolik membutuhkan wadah dan saluran untuk bersuara saat ini umat katolik bisa masuk dimana-mana dan bisa berperan juga.
5. pengadaan barang dan jasa pemilu 2009 yang dilakukan tanpa audit aset yang dimiliki oleh KPU akan berpotensi pemborosan dan korupsi contohnya pengadaan printer di KPU.
6. sektor kesehatan di indonesia sangat rentan korupsi dari hasil pemantauwan ICW dari tahun 2006-2008 ada 54 kasus korupsi yang sedang di usust oleh kejaksaan, KPK dan Kepolisian, 49 kasus diantaranya menyebabkan kerugian negara sekitar Rp 128M.
7. angka kematian ibu melahrkan dan bayi masih tinggi, menurut BPS tahun 2006. di papua sebanyak 396/100.000 kelahiran hidup dan kematian bayi sebanyak 52. ini disebabkan kurangnya tenaga bidan atau tenaga klesehatan terlatih.
8. keluarga jemaah haji khusus yang sempat terlantar di bandara Udara Kuala Lumpur, Sepang, malaysia, khawatir soal kepulangan keluargnya meski jemaah tersebut telah memasuki kota mekkah dan menjalankan ibadah.
9. penyakit malaria mengahntui kehidupan warga Desa Paramasan atas kecamatan paramasan kabupaten banjar. Serangan Malaria paling ganas terdeteksi April 2007, sebanyask 14 warga di desa yang terletak di pegunungan meratus itu tewas akibat gigitan nyamuk anopheles. Warga berharap pemda setempat memberikan bantuan kelambu dan pil anti malaria.

Bpost:
• BPK – POLRI Lakukan Mou
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kepolisian Negara Indonesia (Polri) menandatangani Nota Kesepakaman Bersama (MoU) tentang Tindak Lanjut Penegakan Hukum terhadap Hasil Pemeriksaan BPK RI yang Berindikasi Tindak Pidana.
Kerjasama ini untuk mempercepat proses penegakan hukum terhadap hasil pemeriksaan BPK sesuai ketentuan perundang-undangan, serta untuk mewujudkan tercapainya kepastian hukum terhadap hasil pemeriksaan BPK.
Dalam kesepakatan ini mengatur mengenai hasil pemeriksaan BPK yang diserahkan kepada Polri harus disertai penjelasan dan pemaparan mengenai pemeriksaan tersebut. Jika saat pemaparan dirasakan terdapat bukti permulaan yang tidak cukup, BPK dapat segera melengkapinya. Dengan demikian, tidak terjadi kasus yang dihentikan di tingkat penyidikan maupun tingkat penuntutannya.

Demikian juga permohonan kerugian negara yang diajukan Polri juga harus melalui pemaparan, sehingga dapat langsung diketahui apakah perhitungan kerugian negara yang diminta masuk dalam kompetensik BPK-RI. Selain itu, juga diatur bahwai Polri harus memberitahukan secara tertulis perkembangan hasil pemeriksaan yang diserahkan.

Minggu, 23 nov 08
Kompas:
1. salahuddin wahid, “ dalam pemilu mendatang diprediksi jumlah pemilih golput naik. Namun, kami melihatnya justru mereka (para pemilih golput) adalah peluang. Kami yakin, para pemilih, yang tadinya golput itu bakal tetarik memilih nama-nama calon yang kami ajukan. Dengan begitu syarat 20 persen suara yang akan diperoleh parpol pendukung kami akan terlampaui.
2. yogyakarta, guru besar sejarah universitas negeri yogyakarta Ahmad syafii Maarif dan integritas pelakunya hanya akan melahirkan “srigala-srigala” yang akan saling memakan. Tanpa moral dan integritas pelakunya, politik takkan menjadi sarana mewujudkan cita-cita kesejahteraan umum.
Bpost:
1. Penyanyi pop Michael Jakson resmi memeluk agama islam dan berganti nama menjadi Mikael. Ia mengucapkan Syahadat di LA, AS. Jacko tertarik dengan Islam setelah berdiskusi dengan penulis lagu asal kanada, David Wharnsby dan produser Phillip Bubal. Selain itu, dia mendapat dukungan dari sang kakak, jermaine Friday jackson yang lebih dulu memeluk Islam. Untuk memperdalam agama barunya itu, Jacko dikabarkan bergabung dengan organisasi islam di AS., Nation Of Islam (NOI) pimpinan Louis Farrakhan.
2. gubernur kalteng, Agustin Teras Narang prihatin dengan kondisi kelistrikan di kalteng. Pasalnya dari 1.416 bdesa yang ada di bumi Tambun Bungai, baru 628 desa /43% yang bisa menikmati listrik, sedangkan 788desa belum. Dia mengungkapkan dari 90 megawatt daya milik PLN, sekitar 20 megawatt/22% di pasok dari PLTU asam-asam, selebihnya dialiri PLTD yang tersebar di seluruh Kalteng.
3. sebanyak 58.015 warga dari total 113.752 penduduk kabupaten barito Utara (barut), kalteng mendapat jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). Menurut bupati Baru, Ir . h. ahmad Yuliansyah MM, sektor kesehatan masih harus menghadapi tantangan berupa tingginya AKI (angka kematian Ibu), bayi, prevalensi gizi kurang dan gizi buruk, serta masalah masyarakat miskin.
4. acara telecofernce antara pelajar banjaramasin dengan SBY yang diselenggarakan peacetech indonesia bekerjasama dengan LK3 banjarmasin, the wahid institutedan YLA Jatim, sabtu (22/11) dalam kegiatan itu mereka sepakat menghentikan kekerasan sebagai salah satu cara menaggapi perbedaan yang ada. Acara ini dipandu oleh Agus Idwar vokalis nasyid Snada dan cici tegal. Hadir pula Irfan arwas dari Mmi (Majelis Mujahiddin Indonesia) dan penulis novel kontroversial “tuhan izinkan aku menjadi pelacur”, muhidin M Dahlan. Dari banjarmasin hadir mantan panglima Jamaah Islamiyah, Nasir Abbas dan Dr Husnul yakin, MED. Dari IAIN antasari bjm sebagai pembicara.
5. mesin daur ulang air seni dan air limbah lainnya untuk stasiun Antariksa Internasional (ISS) bermasalah. Mesin ini mampu memproses berbagai cairan sisa termasuk air seni dengan menggunakan sistem penyaringan, penyulingan, ionisasi dan oksidasi menjadi air minum. Pengujinya merasa air daur ulang itu tidak berbeda dengan air mineral lain, hanya sedikit ada rasa yodium yang memang ditambahkan untuk membunuh kuman.
7. Lingkungan dan kesehatan
Senin, 17 Nov 08
Kompas:
• Tol picu konversi lahan sawah
Pembangunan jalan tol trans-jawa sepanjang 652 km dari Cikampek, Jawa barat sampai Surabaya jaTim memakan 4264 ha lahan (diluar lahan perkebunan dan kehutanan) yang sebagian besar sawah. Padahal, Pulau Jawa yang luas daratannya hanya 6,5% dari daratan Indonesia memasok 53 persen kebutuhan pangan nasional.
Kabupaten yang terkena pengaruh pembangunan tol trans- Jawa
• Jawa Barat: purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon
• Jawa Tengah: Brebes, Tegal, PEmalang, Pekalongan, batang, Kendal, Semarang, Boyolali, Sragen, Karanganyar
• Jawa Timur: ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Sidoarjo.
Pembangunan tol trans-Jawa akan mempengaruhi 655.400 ha lahan pertanian, 1,7 juta keluarga petani, 14.400 industri penggilingan.
• Ratusan hektar sawah di Jawa susut tiap tahun.
Penyusutan lahan tanaman rata-rata disebabkan oleh hal yang sama yaitu pemukiman, tempat usaha, industry dan pembangunan infrastruktur jalan tol. Data Pemkab Sleman mencatat pada tahun 1998 luas lahan sawah sebanyak 24.321 ha atau mencakup 42,3 % dari total luas wilayah di Sleman. Pada 2007 luas lahan sawah hanya tercatat 23.062 ha atau sekitar 40% dari total luas wilayah.

Bpost:
Selasa, 18 Nov 08
Kompas:
• Krisis listrik di kota Ambon, Maluku semakin parah karena mesin pembangkit yang sudah berumur diatas 25 tahun tidak berfungsi optimal.
• KLB DBD di banyumas, 5 orang meninggal. Kasus ini merupakan kasus tertinggi dalam kurun waktu 7 tahun belakangan. Jumlah kasus dari januari hingga pertengahan November mencapai 551, dua kali lipat dibandingkan dengan waktu yang sama pada tahun 2007.
• Badan pengelolaan lingkungan hidup (BPLHD) menyiapkan operasi di lima kota se-DKI Jakarta untuk menegakkan larangan merokok di tempat umum. Namun para perokok yang melanggar perde no.2 tahun 2005 belum akan dijatuhi sanksi kurungan 6 bulan atau denda Rp.50 juta.
• Keracunan sosis, 32 anak SD dibawa ke puskesmas. Sebanyak 12 siswa diantaranya pingsan. Mereka mengaku habis makan sosis dan nugget yang dijual pedagang keliling.
• Meluapnya air laut ke darat karena laut pasang atau rob melanda dua kelurahan, kecamatan penjaringan, rob yang sudah berlangsung hamper sepekan di kelurahan penjaringan dan kamal belum jelas kapan berakhirnya karena pembangunan tanggul secara swadaya berhenti di tengah jalan.
• Trans Jawa sudah dipikirkan matang
Bandung, menteri pekerjaan umum Djoko Kirmanto menegaskan rencana pembangunan jalan tol trans-jawa sudah memikirkan secara matang semua konsekuensinya termasuk berkurangnya lahan pertanian subur di Pulau Jawa. Kepala seksi serealia Dinas Pertanian, Perkebunan dan peternakan kabupaten Cirebon Wasinan mengatakan kecenderungan alih fungsi di Cirebon terus meningkat pada rentang tahun 2003-2007. Dalam rentang itu luas lahan sawah menyusut dari 56068 ha menjadi 54671 ha. Sekitar 200 ha areal persawahan berubah menjadi pabrik, perumahan dan jalan tol.



Bpost:
Rabu, 19 Nov 08
Kompas:
• Gempa di Buol dan Tolitoli. Akibat gempa berkekuatan 7,7 SR tercatat setidaknya 1500 rumah di kabupaten Boul dan Tolitoli, SulTeng rusak parah. Adapun jumlah korban meninggal di Boul Selasa(18/11) sebanyak tiga orang dan di Tolitoli 1 orang.
• Utara Sulawesi rawan Tsunami
Bagian utara pulau Sulawesi tersusun dari banyak blok atau lempeng mikro yang saling mendekat da cenderung membentuuk rotasu pada beberapa bloknya. Didesak lempeng makro di sekitarnya, blok-blok yang dinamis itu kerap mengalami gempa besar dan berpotensi terjadi tsunami.
• Lima kabupaten di wilayah pantai barat dan tengah aceh yaitu kabupaten aceh tenggara, aceh singkil, aceh selatan, aceh barat, dan aceh jaya dilanda banjir. Tinggi air 70-150 cm.
• Lahan pertanian pangan akan diproteksi dari ancaman alih fungsi yang berpotensi mengurangi luasan lahan pangan. Siapapun nantinya boleh mengkonversi lahan pangan asalkan ada lahan pengganti. Tidak seperti saat ini, alih fungsi lahan pangan cenderung mengurangi lahan baku.


Bpost:
Kamis, 20 Nov 08
Kompas:
• Untuk meminimalkan peredaran produk illegal di pasaran, BPOM membeli sekitar 8000 contoh produk per tahun di berbagai wilayah tanah air. Meskipun demikian, masih ada saja produk illegal yang beredar di pasaran dan dikonsumsi masyarakat.
Bpost:
Jumat, 21 nov 08
Kompas:
Bpost:
• 236 species Kalimantan terancam
Pembabatan hutan untuk perluasan perkebunan kelapa sawit dinilai sebagai salah satu penyebab terancamnya ratusan species flora dan fauna yang ada di hutan-hutan tropis Kalimantan.Dikatakannya bahwa saat ini setidaknya 236 species tumbuhan dan 51 species binatang liar yang berada di Kalimantan sedang meningkat trend keterancamannya akibat ekspansi besar-besaran industri sawit dihutan-hutan Kalimantan.
Indonesia memiliki daftar terpanjang di dunia mengenai species yang terancam, yakni 1170 species dan jumlah itu tidak termasuk species yang belum sempat diberi nama namun sudah telanjur punah.Hutan desa Tumbang Koling tersebut juga merupakan contoh selama 12 bulan terakhir, Centre for Orangutan Protection membantu masyarakat mempertahankan hutannya dari ekspansi perusahaan kelapa sawit PT. Nabatindo Karya Utama.
Luas hutan desa Tumbang Koling yang tersisa kini diperkirakan hanya 4000 hektar dan dalam kondisi terfragmentasi dengan kawasan hutan lain. Satwa liar yang terjebak di dalamnya menghadapi resiko beratnya persaingan memperebutkan pakan dan resiko lebih mudah diburu.

Sabtu, 22 Nov 08
Kompas:
Bpost:
• Pemilik NPWP Bebas Fiskal
Biaya fiskal ke luar negeri akan dinaikkan pada tahun 2009. Namun kenaikan fiskal itu akan berlaku bagi WNI (warga negara Indonesia) berusia 21 tahun dan tidak memiliki NPWP (nomor pokok wajib pajak). Bagi yang punya NPWP, tetap bebas fiskal.
Kenaikkan biaya fiskal ke luar negeri ini akan mulai berlaku 1 Januari 2009 sebagai tindak lanjut amandemen UU PPh.

Memang dalam UU PPh yang baru, ditetapkan bagi Wajib Pajak yang belum memiliki NPWP maka akan kena biaya fiskal ke luar negeri mulai 1 Januari 2009. Namun bagi mereka yang mempunyai NPWP, mereka dapat insentif pembebasan fiskal ke luar negeri, ini diberlakukan guna meningkatkan kepemilikan NPWP. Untuk perubahan besaran biaya fiskal ke luar negeri, pemerintah tidak memerlukan persetujuan dari DPR.

Bali tetap Menolak UU Pornografi
Seluruh rakyat Bali telah sepakat menolak tegas pemberlakuan Undang Undang (UU) Pornografi, demikian bunyi surat bersama yang ditandatangani Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Ketua DPRD Bali IB Wesnawa atas nama seluruh rakyat Bali. Kepada ANTARA, Koordinator Rakyat Bali (KRB) Drs IG Ngurah Harta menyatakan menyambut positif sikap tegas pemerintah provinsi Bali yang membawa aspirasi rakyat.

Gubernur Pastika telah menulis surat penolakan atas pemberlakuan UU Pornografi yang juga ditandatangai Ketua DPRD Bali itu kepada Presiden RI, Ketua DPR-RI, dan Menteri Hukum dan HAM di Jakarta, demikian Gubernur Bali.

Minggu, 23 Nov 08
Kompas:
Bpost:
(nonfkip)

Tidak ada komentar: